Wali Kota Solo ingatkan nonton di rumah jelang Piala Menpora 2021

Wali Kota Solo ingatkan nonton di rumah jelang Piala Menpora 2021

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memberikan pengarahan terhadap manajemen Persis Solo bersama pendukungnya di Stadion Manahan Solo, Sabtu (20/3/2021). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

Solo (ANTARA) - Menjelang bergulirnya Piala Menpora 2021, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengingatkan kembali kepada semua suporter sepak bola, khususnya yang ada di wilayahnya, untuk menonton pertandingan di rumah.

"Saya tegaskan kepada seluruh suporter agar menonton di rumah masing-masing. Tidak ada nobar (nonton bareng)," ujar Gibran di Stadion Manahan, Solo, Sabtu.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu menilai kepatuhan penggemar sepak bola menjadi salah satu kunci suksesnya penyelenggaraan Piala Menpora 2021.

Terlebih mengingat Piala Menpora 2021 digelar dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang ketat. 

Baca juga: Gibran usulkan ide menarik di turnamen pramusim Piala Menpora 

Sementara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, untuk kesekian kalinya, memohon agar suporter tidak datang ke stadion atau membuat kerumunan selama pelaksanaan Piala Menpora.

Andai ada pelanggaran, Iriawan memastikan Polri akan mengambil sikap tegas yang bisa membuat mereka tidak akan mengeluarkan izin keramaian untuk Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2021.

"Polri tentu saja akan melihat hal itu," tutur pria yang biasa disapa Iwan Bule itu.

Terkait pengamanan, ia mengatakan lingkungan stadion dibagi menjadi empat zona, dan tiga diantaranya berada di dalam stadion.

Purnawirawan Polri berpangkat akhir Komisaris Jenderal Polisi itu menegaskan maksimal hanya ada 299 orang yang boleh berada di dalam stadion dan seluruhnya juga wajib sudah dites usap antigen.

"Di luar jumlah itu, tidak bisa masuk," tutur Iriawan. 

Baca juga: Ketum PSSI minta klub terus ingatkan suporter tak datang ke stadion 

Piala Menpora 2021 berlangsung pada 21 Maret-25 April 2021. Turnamen itu akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Stadion Manahan, Solo, pada Minggu (21/3) dengan laga perdana Arema FC versus Tira Persikabo.

Seremoni pembukaan akan dilakukan secara sederhana lantaran Indonesia masih berkutat dengan pandemi COVID-19.

Piala Menpora diikuti oleh 17 tim Liga 1 yang dibagi ke dalam empat grup, yaitu Grup A (digelar di Stadion Manahan, Solo), Grup B (Stadion Kanjuruhan, Malang), Grup C (Stadion Si Jalak Harupat, Bandung) dan Grup D (Stadion Maguwoharjo, Sleman).

Dari penyisihan grup, dua tim teratas akan melangkah ke babak delapan besar, lalu semifinal dan final. Juara Piala Menpora 2021 akan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp2 miliar. 

Baca juga: Menpora optimistis pembukaan Piala Menpora 2021 di Solo lancar 
Baca juga: Persik Kediri bawa 24 pemain di Piala Menpora 
Baca juga: Persita Tangerang boyong 30 pemain ke Sleman untuk Piala Menpora 

 
Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021