Menpora optimistis pembukaan Piala Menpora 2021 di Solo lancar

Menpora optimistis pembukaan Piala Menpora 2021 di Solo lancar

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kanan) berbincang dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming (kedua dari kiri) dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (ketiga dari kiri) saat memantau persiapan Stadion Manahan, Solo, menjelang pembukaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021, Sabtu (20/3/2021). Pembukaan Piala Menpora digelar pada Minggu (21/3) dengan laga perdana Arema FC versus Tira Persikabo. ANTARA/HO-Humas Kemenpora.

Solo (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali optimistis pembukaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, pada Minggu (21/3) akan berjalan dengan lancar, termasuk dari sisi penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Saya optimistis, termasuk dengan protokol kesehatannya akan dapat dijalankan dengan disiplin," ujar Menpora di Stadion Manahan, Solo, Sabtu.

Pernyataan itu disampaikan Zainudin setelah memantau langsung kesiapan Stadion Manahan pada Sabtu (20/3).

Dalam kegiatan tersebut, Menpora didampingi sejumlah pejabat penting, diantaranya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita dan Direktur Operasional LIB Sudjarno.

Baca juga: Borneo FC boyong 29 pemain ke Malang hadapi Piala Menpora 

Menurut Zainudin, apa yang disaksikannya di stadion dalam pemantauan menjelang laga perdana Piala Menpora 2021 itu sesuai dengan rencana yang telah disampaikan oleh panitia penyelenggara.

"Kehadiran saya dan Pak Wali Kota di sini adalah karena kami mesti memastikan penyelenggara benar-benar melakukan apa yang sudah dipaparkan ketika rapat koordinasi di kantor saya. Alhamdulillah, semuanya dijalankan," kata politikus Partai Golkar itu.

Menpora pun meminta PSSI dan LIB untuk bekerja keras dalam memastikan kelancaran turnamen. Setidak-tidaknya, Zainudin melanjutkan, PSSI dan LIB dapat menerapkan protokol kesehatan seperti saat laga uji coba tim nasional Indonesia pada 5 dan 7 Maret lalu di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Standar itu harus dijaga," tutur Menpora.

Sementara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menegaskan Piala Menpora 2021 siap digelar. Seluruh persiapan ditunaikan dengan maksimal dan kini tinggal menunggu untuk dilaksanakan.

"Besok Piala Menpora akan 'kick off' perdana, dan ini menjadi awal dari titik balik sepak bola Indonesia setelah satu tahun terhenti akibat pandemi," ungkap Iriawan.

Baca juga: PSIS manfaatkan Piala Menpora untuk matangkan pemain muda 

Piala Menpora 2021 berlangsung pada 21 Maret-25 April 2021. Turnamen itu akan dibuka di Stadion Manahan, Solo, pada Minggu (21/3) dengan laga perdana Arema FC versus Tira Persikabo.

Piala Menpora diikuti oleh 17 tim Liga 1 yang dibagi ke dalam empat grup, yaitu Grup A (digelar di Stadion Manahan, Solo), Grup B (Stadion Kanjuruhan, Malang), Grup C (Stadion Si Jalak Harupat, Bandung) dan Grup D (Stadion Maguwoharjo, Sleman).

Dari penyisihan grup, dua tim teratas akan melangkah ke babak delapan besar, lalu semifinal dan final. Juara Piala Menpora 2021 akan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp2 miliar.

Sesuai dengan kesepakatan Polri, Kemenpora, PSSI dan LIB, Piala Menpora 2021 wajib dilaksanakan dengan penerapan ketat protokol kesehatan pencegahan COVID-19. 

Baca juga: PSM Makassar sertakan empat pemain akademi di Piala Menpora 
Baca juga: Arema dan Persikabo ingin maksimal jalani laga pembuka Piala Menpora 
Baca juga: Polda Jabar minta pendukung dari luar kota tak datangi Stadion SJH 

 
Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021