Kita harus membentuk atau membuat ciri khas kita sendiri untuk mengeluarkan karakteristik musik Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong musisi-musisi yang ada di Tanah Air untuk menjadikan tradisi dan budaya khas Indonesia sebagai inspirasi menghasilkan karya.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Industri Musik, Seni Pertunjukan, dan Penerbitan Kemenparekraf Amin Abdullah saat menanggapi banyaknya musik-musik dari luar negeri yang populer di masyarakat.

"Kita harus membentuk atau membuat ciri khas kita sendiri untuk mengeluarkan karakteristik musik Indonesia. Saya memberi dorongan di era ekonomi kreatif ini tradisi dan budaya Indonesia harus dijadikan sumber penciptaan musik saat ini," kata Amin kepada ANTARA.

Baca juga: Kemendikbud: Digitalisasi musik bagian dari warisan budaya bangsa

Pria yang juga merupakan etnomusikolog itu mencontohkan salah satu musisi yang sudah mengembangkan tradisi Indonesia dalam berkarya adalah Weird Genius.

Grup musik pop yang terdiri dari Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan juga Gerald Liu itu berhasil mengeksekusi lagu "Lathi" dengan berbagai unsur tradisi Indonesia pada musiknya hingga terkenal dan menembus kancah internasional.

"Mereka berhasil menggabungkan Electronic Dance Music (EDM), dan memasukan unsur- unsur etnik khas instrumen Indonesia. Video klip-nya juga sangat menonjolkan budaya Jawa, saya suka sangat suka lagu itu. Dan itu terbukti jadi world music," kata Amin.

Baca juga: Weird Genius tak menyangka "Lathi" terpampang di Times Square

Amin menegaskan bahwa Indonesia memiliki banyak sekali tradisi yang bisa dikembangkan dalam lagu, mulai dari instrumen hingga musik tradisional yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Oleh karenanya, tradisi dan budaya itu perlu dijadikan inspirasi bermusik sehingga bisa bersaing dengan musik- musik di luar negeri dan menjadi lagu yang mendunia.

"Tradisi dan budaya kita itu hanya akan menjadi potensi biasa saja kalau tidak digarap jadi produk kreatif. Kenapa tidak dijadikan ciri khas? Kita kan memang harus punya ciri, buat sesuatu yang beda, dan justru membuka pasar baru," kata Amin.

Baca juga: Menparekraf apresiasi Big Bang Indonesia peringati Hari Musik Nasional

Baca juga: Musisi Indonesia ambil bagian di Music Lane Festival Okinawa 2021

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021