Jakarta (ANTARA) - Olympique Lyon membuang peluang untuk naik ke puncak klasemen sementara Liga Prancis setelah ditahan imbang Reims 1-1 dalam laga pekan ke-29 di Stadion Auguste-Delaune, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Tim besutan Rudi Garcia itu bahkan harus bersusah payah mengamankan satu poin dari laga itu, karena baru mampu menjebol gawang lawannya pada injury time.

Tertinggal sejak menit paruh babak pertama akibat gol Mathieu Cafaro, Lyon terselamatkan dari kekalahan berkat gol larut Tinotenda Kadewere, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Lyon tertahan di posisi ketiga dengan koleksi 60 poin, dua poin di bawah Lille (62) yang menduduki puncak dan kalah selisih gol dibandingkan juara bertahan Paris Saint-Germain (60).

Sedangkan Reims (35) yang melanjutkan tren relatif positifnya berupa lima laga nirkalah, meski hanya memenangi satu di antaranya, sementara naik ke urutan ke-11 klasemen.

Baca juga: Lyon kembali ke jalur kemenangan, Saint-Etienne dibekuk tim promosi

Lyon yang berusaha menggebrak membuang setidaknya tiga peluang bagus dalam 15 menit pertama pertandingan, termasuk kegagalan Houssem Aouar menyambar bola muntah hasil tembakan Mattia De Sciglio yang tak dihentikan sempurna oleh kiper Predrag Rajkovic.

Sebaliknya kiper Anthony Lopes juga sudah dibuat sibuk untuk mengamankan gawang Lyon dari ancaman yang dilancarkan Valon Berisha dan Boulaye Dia untuk Reims.

Reims justru mampu mencuri keunggulan pada menit ke-33 setelah umpan silang Thomas Foket gagal diantisipasi para pemain Lyon dan Cafaro menyambutnya dengan sepakan keras ke langit-langit gawang tim tamu.

Upaya Lyon membalas tak kunjung membuahkan hasil, baik di sisa waktu babak pertama maupun awal-awal paruh kedua.

Rajkovic melakukan dua penyelamatan gemilang atas tembakan Lucas Paqueta dan Karl Toko Ekambi dalam lima menit pertama babak kedua.

Baca juga: Klasemen Liga Prancis: Lille jaga posisi puncak

Reims hampir menjauh jika saja tembakan sudut sempit Marshal Munetsi tak dimentahkan Lopes dan Nathanael Mbuku bisa lebih baik memanfaatkan bola muntah.

Memasuki 10 menit terakhir pertandingan Lyon memberondong area pertahanan tuan rumah untuk mencari cara menyelamatkan wajah mereka dari kekalahan.

Setelah empat peluang berlalu, juga waktu normal, pada menit kedua injury time Kadewere mampu menyambut umpan silang Memphis Depay dengan tandukan tajam ke pojok kanan bawah gawang tak terjangkau Rajkovic membuat skor imbang.

Lyon sebetulnya punya peluang bagus untuk berbalik meraih kemenangan pada pengujung injury time ketika Islam Slimani menerima bola di tengah kotak penalti, tetapi tembakan penyelesaiannya melenceng dari gawang, memaksa timnya harus puas dengan satu poin dari laga ini.

Kedua tim dijadwalkan kembali merumput pada Minggu (21/3) pekan depan saat Lyon menjamu PSG di Groupama dan Reims bertandang ke markas Dijon.

Baca juga: Jadwal Liga Prancis: PSG bisa ke puncak dengan bantuan Monaco

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021