Taipei, Taiwan (Antara/Business Wire)- Sehubungan dengan lokakarya aplikasi data yang diselenggarakan oleh Asia Open Data Partnership (AODP) pada Open Data Day 2021, Sekretariat AODP saat ini, Asosiasi Komputer Taipei mengumumkan peluncuran portal data terbuka resmi pertama di Asia. Asia Open Data Portal menawarkan satu titik akses ke data terbuka yang diterbitkan oleh institusi, agensi, dan organisasi di semakin banyak negara anggota Asia, menandakan era baru demokratisasi data di seluruh Asia.

Untuk melihat rilis pers multimedia selengkapnya, klik di sini: https://www.businesswire.com/news/home/20210310006082/en/

Portal ini saat ini menampilkan lebih dari 73,1 ribu kumpulan data, yang disusun ke dalam 20 katalog dan 12 kategori, yang dapat membantu memecahkan masalah seperti polusi di kota-kota dan pengadaan APD. Data dikumpulkan dari semakin banyak negara anggota AODP, termasuk Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan India. Tantangan yang dihadapi proyek ini mencakup keragaman bahasa Asia serta format data yang digunakan oleh sektor publik dan swasta di berbagai negara bagian, yang diatasi oleh AODP dengan penggunaan terjemahan mesin dan upaya diplomatik menuju standardisasi data.

Peluncuran dan lokakarya aplikasi data Portal Data Terbuka Asia langsung di Saluran Youtube DataEconomy.Taiwan, menampilkan pembicaraan dari perwakilan AODP di Taiwan, Vietnam, Jepang, India, Thailand, dan Kamboja. Presentasi spesial diberikan oleh 3 pemenang Invincible Award dari Asia Open Data Challenge tahun lalu. Pertama, anggota tim dari GliaCloud (Taiwan) memperkenalkan platform pembuatan video AI timnya, GliaStar, yang menganimasikan presentasi data terbuka dengan karakter kartun. Selanjutnya, seorang anggota tim dari Smart Delivery (Jepang) mempresentasikan inovasi timnya di bidang logistik, memanfaatkan data terbuka untuk memberi insentif dan membantu kurir dalam mengirimkan makanan dan obat-obatan kepada para lansia di pedesaan Jepang. Terakhir, seorang anggota tim dari Dbdbdeep (Korea Selatan) menjelaskan bagaimana "Model Prediksi Gejolak Sosial Regional" memanfaatkan data terbuka untuk mengidentifikasi dampak penyakit menular pada masyarakat.

AODP didirikan pada tahun 2015 dengan tujuan utama memfasilitasi komunikasi dan kerja sama mengenai data terbuka serta aplikasi data antar negara Asia. Asia Open Data Portal diprakarsai oleh Organization for Data-driven Application (Taiwan) pada tahun 2017, mencontoh Portal Data Terbuka UE, dan secara resmi disetujui oleh negara-negara anggota AODP pada tahun 2019. Tujuannya adalah untuk mendukung perkembangan industri Asia di semua sektor dan teknologi baru, seperti AI dan IoT.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20210310006082/en/

Kontak
Pers: Daniel Cunningham, daniel.cunningham@ddg.com.tw +886 223117007

Sumber: Asosiasi Komputer Taipei

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021