Jakarta (ANTARA) - Makara Art Center Universitas Indonesia (MAC UI)I berkerja sama dengan Forum Kebangsaan UI dan komunitas @akuindonesia akan menggelar acara "Nusantara Berkisah" malam nanti membahas tema "Merawat Kebinekaan Nusantara" demi menggali berbagai kearifan lokal yang ada dalam tradisi Nusantara untuk merawat keberagaman.

"Keberagaman yang ada di bangsa ini memang sudah menjadi takdir Tuhan, artinya sudah menjadi pemberian Tuhan. Tapi keberagaman bangsa yang given ini bisa hancur kalau kita tidak merawat dan menjaganya. Seperti hutan yang tumbuh beraneka ragam pohon, bunga-bunga dan fauna. Semua bisa rusak dan hancur kalau kita tidak menjaganya," kata Kepala MAC UI, Ngatawi Al-Zastouw, Rabu.

Baca juga: MAC UI gelar tadarus seni Ramadhan Volume 2 secara Online

Menurut dia, Indonesia ditakdirkan sebagai bangsa yang beragam, memiliki nilai-nilai dan kearifan lokal untuk menjaga harmoni dalam keberagaman. Nilai-nilai dan kearifan itu mewujud dalam berbagai ragam tradisi dan budaya Nusantara.

"Itulah sebabnya kita akan menggali berbagai nilai-nilai dan kearifan yang dimiki bangsa ini yang bisa dijadikan pijakan bersama untuk menjaga dan merawat keberagaman bangsa ini," tutur dia.

Dosen Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Dr. Haryatmoko berpendapat, saat ini, upaya menjaga keberagaman Nusantara menjadi sesuatu yang sangat penting, di tengah banyak hal yang mengancam keutuhan keberagaman bangsa seperti munculnya fenomena keagamaan puritan dan eksklusif serta maraknya sikap egois materialistis.

"Bahkan dalam situasi pandemi COVID-19, banyak orang yang mencari keuntungan dengan mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan. Jika fenomena yang bisa merusak keberagaman ini tidak atasi bersama maka tidak hanya keutuhan bangsa dan budaya kita yang terancam tetapi eksisten kemanusiaan kita juga bisa bisa terancam," kata dia.

Dalam acara "Nusantara Berkisah", akan hadir sejumlah narasumber antara lain Dr. Haryatmoko (Dosen Universitas Sanata Dharma Yogyakarta), Jefri Edi Irawan Gultom (Ketua Umum GMKI).

Acara yang akan disiarkan langsung oleh Sultan TV dan kanal youtube Makara Art Center UI serta media sosial Sultan TV ini juga akan diisi sejumlah penampil yakni Cheppy Iriawan (Ativis Oi, Musisi), Iwenk MJC (Penggerak Komunitas Musik Jalanan Center) serta seniman dari BEM dan UKM UI, dengan pemandu acara Trie Utama dan Ngatawi Al-Zastrouw.

Baca juga: MAC UI siap gelar acara seni hadirkan Andi/riff hingga Sarah Saputri

Baca juga: Rangsang kreativitas saat pandemi, MAC UI gelar apresiasi seni daring

Baca juga: Ditjen Kebudayaan dan MAC UI gelar pertunjukan seni Randai

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021