Sebelum berlayar semua bagian ini harus dipastikan sudah beroperasi dengan baik. Kami berharap jika lulus uji coba kapal dapat beroperasi melaksanakan tugas penyaluran energi
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Internasional Shipping yang merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero), melakukan uji coba kapal tanker raksasa atau very large crude carrier buatan Jepang dalam pelayaran selama enam hari terhitung sejak 8-13 Maret 2021.

“Sebelum berlayar semua bagian ini harus dipastikan sudah beroperasi dengan baik. Kami berharap jika lulus uji coba kapal dapat beroperasi melaksanakan tugas penyaluran energi," kata Direktur Manajemen Armada PT Pertamina International Shipping I Putu Puja Astawa dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Kapal yang telah melaksanakan steel cutting pada tanggal 20 Desember 2019 ini, menurut rencana akan melakukan uji coba pelayaran di Kepulauan Goto, Prefektur Nagasaki, Jepang. Pertamina memastikan performa kapal telah sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan oleh Japan Marine United (JMU) sebagai pembuat kapal.

Komponen yang menjadi objek uji coba antara lain seperti progressive speed, fuel consumption, turning, vibration, noise level, anchoring, steering gear, performa main engine, endurance, maneuvering kapal, konfirmasi cargo oil pumping rate capacity, running test SOx Scrubber, serta operation test Ballast Water Management System.

Kapal tanker raksasa kedua Pertamina ini disebut memiliki kapasitas dua juta barel dengan kecepatan 16,8 knot yang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan penyuplaian kilang yang dijalankan oleh Subholding Refinery & Petrochemical Pertamina.

Selain itu, kapal ini juga telah memenuhi requirement terminal modern di dunia dan regulasi internasional, yaitu IMO Annex VI Tier III yang berguna untuk pembatasan emisi gas buang Sulphur Oxide (SOx) dan Nitrogen Oxide (NOx).

Kapal tanker raksasa ini juga lebih efisien dalam penggunaan bahan bahan bakar dan penerapan konsep Eco-Green vessel atau lower operation cost berbasis desain yang ramah lingkungan yang menjadikan kapal ini lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar sebesar 25 persen dibandingkan dengan kapal sejenis.

Sebelumnya, Pertamina telah meluncurkan kapal tanker pertamanya Pertamina Pride pada 29 November 2020. Selanjutnya, kegiatan serah terima kapal tanker kedua ini akan dilaksanakan di Galangan JMU Ariake, Jepang, pada 30 Maret 2021.

Baca juga: Pertamina miliki kapal tanker raksasa baru berkapasitas dua juta barel
Baca juga: Pertamina MOR VIII operasikan 20 kapal tanker angkut BBM
Baca juga: Indonesia sita kapal tanker berbendera Iran dan Panama

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021