Menpan RB apresiasi unit pelayanan di Kominfo

Menpan RB apresiasi unit pelayanan di Kominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). (kominfo.go.id)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengapresiasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai penerima penghargaan Unit Penyelenggara Pelayanan (UPP) Kategori A, sangat baik.

"Meski di tengah pandemi, pemerintah tetap menjalankan reformasi birokrasi sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Ini menjadi capaian reformasi birokrasi di tengah pandemi. Walaupun masih suasana Covid-19, ASN harus produktif, profesional dan menerapkan protokol kesehatan," kata Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo, dikutip dari siaran pers bersama Kominfo, Rabu.

Menpan RB memberikan penghargaan kepada Kominfo dalam acara Penyampaian Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Kementerian/Lembaga dan Penghargaan Unit Pelayanan Percontohan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Tahun 2020 yang diadakan pada Selasa (9/3).

Baca juga: Kominfo segera buka seleksi penyelenggaraan multipleksing

Menurut Menteri Tjahjo, indeks pelayanan publik kementerian/lembaga tahun ini menunjukkan peningkatan yang mencapai sebesar 4,00, dimana tahun sebelumnya sebesar 3,83. Angka ini berada di atas indeks pelayanan publik nasional tahun 2020 yakni sebesar 3,84.

Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan indikator keberhasilan reformasi birokrasi karena aktivitas penyelenggaraan negara bermuara pada pelayanan.

Dalam acara itu, Menteri Tjahjo Kumolo meminta seluruh kementerian/lembaga untuk fokus meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Atas arahan presiden, pertumbuhan ekonomi dan keberhasilan pembangunan nasional berfokus pada peningkatan layanan publik yang cepat, akurat serta mempercepat investasi. Ini yang selalu diingatkan," kata Tjahjo.

Evaluasi Unit Penyelenggara Pelayanan (UPP) Kategori A dinilai berdasarkan enam aspek, yaitu kebijakan; profesionalisme sumber daya manusia; sarana dan prasarana; sistem informasi pelayanan publik; konsultasi dan pengaduan; dan inovasi.

Selain Kominfo, terdapat 24 UPP lainnya di kementerian dan lembaga negara yang meraih kategori A, antara lain yaitu Badan Pengembangan SDM di Kementerian Dalam Negeri, Biro Administrasi Pejabat Pemerintahan di Kementerian Sekretariat Negara, Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi di Perpustakaan Nasional, Balai Sertifikasi Elektronik di Badan Siber dan Sandi Negara dan Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh di LAPAN.

Baca juga: Kominfo dorong keterampilan digital perempuan Indonesia

Baca juga: Kesiapan ekosistem hingga spektrum masih jadi tantangan adopsi 5G

Baca juga: Sumut berlakukan pembatasan kegiatan masyarakat mikro di enam daerah
Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021