TNI AD siapkan instalasi RS Lapangan RSPAD tingkatkan layanan COVID-19

TNI AD siapkan instalasi RS Lapangan RSPAD tingkatkan layanan COVID-19

Pelayanan ruang ICU tenda Instalasi RS Lapangan RS Pusat TNI AD Gatot Soebroto di Jakarta. ANTARA/HO

Jakarta (ANTARA) -
TNI AD menyiapkan Instalasi RS Lapangan RS Pusat TNI AD Gatot Soebroto untuk meningkatkan kapasitas pelayanan pasien Covid-19.
 
Kepala RS Pusat TNI AD Gatot Soebroto, Letnan Jenderal TNI dr Albertus Budi Sulistya, dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa, mengatakan, Instalasi RS Lapangan ini merupakan bagian dari pelayanan di RS Pusat TNI AD Gatot Soebroto.
 
“Kami melayani keluarga besar TNI, masyarakat umum yang membutuhkan, kami siap untuk membantu,” ujar dia.
 
Instalasi RS Lapangan terdiri dari 20 tenda dengan fasilitas unit gawat darurat, laboraturium dan radiologi, farmasi dan penyimpanan obat, ruang pra operasi dan ruang operasi, dan ruang ICU.

Baca juga: RSUD Soedarso Kalbar-RS Gatot Subroto didorong tingkatkan kerja sama
 
Kemudian, Instalasi RS Lapangan itu juga memiliki ruang isolasi bertekanan negatif, ruang pemulihan pasca operasi, ruang perawatan, ruang dekontaminasi, ruang administrasi dan komando, serta ruang dokter dan rawat jalan.
 
Selain itu, Instalasi RS Lapangan RS Pusat TNI AD Gatot Soebroto juga dilengkapi dengan kendaraan ambulans taktis, ambulans Covid-19, mobil lab, mobil pemurnian air, truk tangki air, delapan truk kontainer, tangki bahan bakar, dan kendaraan binatu.

Baca juga: KSAD bahas perkembangan terapi plasma untuk pasien COVID-19
 
Kepala BNPB, Doni Monardo, menyebutkan Instalasi RS Lapangan RS Pusat TNI AD Gatot Soebroto memiliki teknologi yang sangat modern. “Kami berharap bahwa RS Lapangan Gatot Soebroto ini bisa membantu pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19," kata dia.
 
Selain itu juga RS Lapangan ini, kata dia, diharapkan pada masa mendatang bisa dimanfaatkan untuk daerah-daerah tertentu ketika terjadi musibah.
"Sehingga ini akan menjadikan kemampuan pemerintah bersama dengan TNI untuk bisa memberikan perlindungan kepada masyarakat,” kata letnan jenderal TNI itu.

Baca juga: KASAD pastikan CICU RSPAD Gatot Soebroto steril dari COVID-19
 
Sementara itu, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, dr Abdul Kadir, mengatakan Instalasi RS Lapangan RS Pusat TNI AD Gatot Soebroto sangat bermanfaat untuk mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19 dan juga dalam menghadapi bencana alam.
 
“Pada saat rumah sakit, semua puskesmas tidak berfungsi, maka rumah sakit lapangan adalah alternatif solusi paling tepat. Kami atas nama Kementerian Kesehatan tentunya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kepala Staf TNI AD telah menyiapkan fasilitas RS Lapangan,” katanya.

Baca juga: Laboratorium Rapid Test COVID-19 RSPAD siap beroperasi
 
Kemudian, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr Widyastuti, mengatakan, hal ini merupakan langkah yang luar biasa dari jajaran TNI AD untuk menyiapkan Instalasi RS Lapangan RS Pusat TNI AD Gatot Soebroto.
 
“Kami mengapresiasi langkah ini dan menjadi pemodelan, dan akan belajar bagaimana kinerja RS Pusat TNI AD yang cepat sehingga bisa menyiapkan sarana dengan bagus seperti ini,” ujarnya.
 
Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Andika Perkasa, ikut hadir saat peresmian Instalasi RS Lapangan RS Pusat TNI AD Gatot Soebroto.

Baca juga: KSAD tambah 49 tenaga medis bantu RSPAD tangani COVID-19
Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021