Jakarta (ANTARA) - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengajak semua pihak menyukseskan dan mematuhi larangan berpergian untuk liburan panjang pekan ini.

"Kami berharap para pimpinan instansi terutama TNI, Polri dan juga Kementerian Dalam Negeri serta BUMN bisa betul-betul mengawasi anggota dan karyawan masing-masing," kata Doni dalam konferensi pers virtual perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di Jakarta pada Senin.

Dalam keputusan perpanjangan PPKM Mikro yang ketiga untuk periode 9-22 Maret 2021, pemerintah juga mengeluarkan larangan berpergian ke luar kota bagi pegawai negeri sipil (PNS), anggota TNI dan Polri serta pegawai Badan Usaha Milik Negara dan Daerah (BUMN dan BUMD).

Baca juga: DKI perpanjang PPKM Mikro jelang libur panjang hingga 22 Maret

Larangan itu berlaku dalam periode 10-14 Maret 2021 atau saat masa liburan panjang Isra Miraj dan Hari Raya Nyepi pada pekan ini.

Pemerintah juga mengimbau pihak swasta untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota.

Terkait hal itu, Doni mengatakan akan berkoordinasi dengan swasta dan khususnya Kamar Dagang dan Industri (KADIN) untuk memastikan bahwa imbauan larangan berpergian dapat disampaikan ke semua pimpinan perusahaan.

"Kalau ini semua bisa dipatuhi maka kita akan bisa menekan kasus harian dan juga kasus aktif, dan pada akhirnya kita bisa mengurangi angka kematian," tegas Doni, yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Doni mengatakan pemberlakuan PPKM Mikro sudah melihat hasil yang positif. Khususnya dia menyoroti adanya tren kasus aktif harian yang menurun, kenaikan jumlah pasien sembuh serta tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit yang berada di bawah 50 persen.

Baca juga: Setahun COVID-19, Libur panjang berimplikasi pada peningkatan kematian

Dalam kesempatan tersebut, Menko Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto menegaskan bahwa PPKM Mikro akan berjalan bersamaan dengan vaksinasi.

Pemerintah juga menargetkan akan meningkatkan proses vaksinasi yang tengah berjalan saat ini.

"Kita berharap bahwa dari penerapan PPKM ini bisa dibarengi dengan vaksinasi. Pemerintah mempunyai target bahwa vaksinasi bisa terus ditingkatkan," demikian ujar Menko Perekonomian Airlangga..

Baca juga: Tjahjo Kumolo ingin ulang kebijakan libur panjang seperti saat Imlek
Baca juga: Bupati Bogor tekankan PPKM ketat di Jalur Puncak selama libur panjang
Baca juga: Rekomendasi aktivitas seru saat "long weekend" di rumah saja

 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021