Pemerintah apresiasi Gojek luncurkan UMKM "cashless society"

Pemerintah apresiasi Gojek luncurkan UMKM

Peluncuran inovasi UMKM "cashless society" di GS Food Street pasar modern Intermoda BSD oleh Gojek dan Pemkab Tangerang (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tangerang mengapresiasi perusahaan teknologi buatan anak bangsa, Gojek yang meluncurkan “cashless society” untuk mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menggunakan pembayaran digital.

Inovasi Gojek yang mendukung pembayaran non tunai antara pedagang dan pembeli UMKM dinilai sejalan dengan upaya Pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan guna memutus mata rantai COVID-19 di Indonesia.

“Apa yang dilakukan Gojek ini tentu menjadi bagian dari usaha menggerakan roda perekonomian berskala mikro, dengan penerapan protokol higienitas tentu dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat sehingga berujung pada larisnya dagangan para pelaku UMKM,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang Nurul Hayati dalam keterangannya yang diterima ANTARA, Minggu.

Untuk diketahui Gojek meluncurkan inovasi UMKM “cashless society” di GS Food Street pasar modern Intermoda BSD dengan menggandeng para pelaku UMKM yang menyediakan pembayaran nontunai dan minim kontak dengan pembeli lewat fitur Gopay dan Paylater.

Baca juga: Telkomsel perluas kemitraan untuk pemberdayaan UMKM

Baca juga: Kolaborasi vaksinasi lansia Pemerintah-Gojek diapresiasi mitra driver

Pemkab Tangerang juga mengapresiasi Gojek karena telah mendorong UMKM untuk melebarkan sayap melalui layanan digital.

“Gojek juga turut mendukung para pelaku UMKM Go Digital sehingga mereka tidak hanya mengandalkan penjualan makan di tempat, tetapi juga secara online,” ujar Nurul.

Di samping itu, Regional Strategy Head Gojek Region Jabodetabek Dani Oktobianto, mengatakan Gojek berkomitmen untuk terus mendukung UMKM sehingga dapat mendongkrak roda perekonomian yang melesu di tengah pandemi.

UMKM “cashless society” juga turut dikembangkan di sentra UMKM kuliner lainnya di wilayah Jabodetabek lainnya seperti di Taman Jajan Gaul Anggrek Loka BSD, Taman Jajan Tumaritis Serpong, sentra kuliner Pasar Modern Graha Raya Bintaro, sentra Kuliner Galaxy dan Gelar Waroeng yang keduanya berada di Bekasi.

“Kami akan perluas jangkauan dukungan ini kepada lebih banyak lagi sentra kuliner UMKM lainnya,” imbuh Dani.

Baca juga: Keamanan data pelanggan harus jadi perhatian merger Gojek-Tokopedia

Baca juga: Dokter Reisa sosialisasikan manfaat vaksin kepada driver ojol

Baca juga: Menkes apresiasi Halodoc dan Gojek bantu edukasi vaksinasi COVID-19

Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021