Ruselli tersingkir di babak pertama Swiss Open

Ruselli tersingkir di babak pertama Swiss Open

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Ruselli Hartawan saat bertanding pada babak pertama Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (15/1/2020). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta (ANTARA) - Satu-satunya wakil Indonesia dari sektor tunggal putri Ruselli Hartawan gagal melangkah ke babak kedua Yonex Swiss Open 2021 setelah dihadang oleh pemain berkebangsaan Amerika Serikat Iris Wang di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, Rabu.

Jika dilihat dari peringkat BWF, sebetulnya kedudukan mereka tidak terpaut jauh. Ruselli kini bertengger di peringkat ke-38, sedangkan Wang menduduki rangking 40. Sayangnya, pada pertemuan ketiga mereka di Swiss Open tahun ini, Ruselli gagal membungkam Wang.

Pada babak pertama turnamen bulu tangkis yang berhadiah total mencapai 140.000 dolar Amerika Serikat tersebut, Ruselli kalah telak dalam dua gim langsung dengan hasil 8-21, 11-21.

Pebulu tangkis berusia 23 tahun itu berhasil mencuri poin dan memimpin di awal gim pertama. Sayangnya, kepemimpinan Ruselli tak berlangsung lama. Wang mengejar dan menyamai kedudukan menjadi 4-4.

Setelah itu, Ruselli seperti dibungkam dan tak bisa banyak berkutik menghadapi serangan-serangan Wang selanjutnya. Wang terus melaju, mengumpulkan poin dengan mudah, sementara Ruselli tertinggal dan akhirnya kalah dengan skor 8-21.

Baca juga: PBSI umumkan wakil Indonesia dari Swiss tak lanjut ke All England

Masuk di gim kedua, Ruselli memberikan perlawanan. Ia bermain lebih agresif dan terus mencoba menekan lawannya. Akan tetapi, Wang mampu mengatasi tekanan itu dengan baik, dan bahkan memberikan serangan balik.

Ruselli bertahan sekuat tenaga. Namun selepas kedudukan imbang 11-11, pertahanan dia mulai runtuh dan tenaganya juga menurun, sehingga permainannya menjadi tidak stabil. Wang terus mencuri angka tanpa ada perlawanan dari Ruselli yang kemudian tertunduk dengan skor penutup 11-21.

Berdasarkan catatan BWF, kedua pemain tersebut pernah bertemu pada dua turnamen sebelumnya, yakni Indonesia Open 2015 dan Dutch Open 2015. Di pertemuan pertama, Ruselli unggul atas Wang.

Baca juga: Tersingkir di Thailand Open, Ruselli bertekad perbaiki performa
Baca juga: Gagal ke semifinal BATC 2020, Ruselli: saya sudah berusaha maksimal

Namun pada pertemuan kedua mereka di Dutch Open tahun yang sama, pebulu tangkis asal negeri Paman Sam itu membalas kekalahannya sehingga kedua pemain tersebut sama-sama mengantongi satu kemenangan.

Performa Ruselli belum menunjukkan peningkatan semenjak dua turnamen terakhir yang baru digelar Januari 2021, yakni Yonex Thailand Open dan Toyota Thailand Open.

Pada ajang Yonex Thailand Open, Ruselli langsung tersingkir di babak pertama setelah dikalahkan oleh wakil tuan rumah Supanida Katethong dengan skor 14-21, 16-21.

Kemudian, ia harus angkat koper dan pulang lebih awal karena takluk di tangan pemain Singapura Yeo Jia Min pada laga pembuka Toyota Thailand Open dengan perolehan 20-22, 18-21.

Baca juga: Pramudya/Yeremia lalui hambatan pertama di Swiss Open
Baca juga: Hafiz/Gloria kecewa langsung terhenti di Swiss Open
Baca juga: Rinov/Pitha bertekad balas kekalahan Hafiz/Gloria di Swiss Open

Pewarta : Rr. Cornea Khairany
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021