Makassar (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan melaporkan sebanyak 93.98 persen dari tenaga kesehatan di daerah itu  telah menerima dosis pertama vaksin COVID-19 pada tahap  pertama pelaksanaan program vaksinasi hingga 27 Februari. .

Sementara itu,  pemberian vaksin tahap II bagi tenaga kesehatan  di Sulsel dijadwalkan akan dimulai pada 1 Maret 2021.

"Meski kita akan mulai tahap II, tetapi kita tetap melayani vaksinasi untuk tenaga kesehatan jika masih ada yang belum divaksin," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sulsel dr Nurul AR di Makassar, Minggu

Hingga kini capaian suntik vaksin dosis II di Sulsel baru mencapai 61 persen atau 36.010 orang dari total target sebanyak 55.315 orang pada tahap pertama.

Total tenaga kesehatan yang belum menerima suntik vaksin tahap 1 di Sulsel sebanyak 5.940 dan 594 orang terhadap pemberian suntik vaksin dosis ke dua.

Terkait pelaksanaan vaksinasi tahap II di Sulsel, dr Nurul menyebut akan dilakukan melalui pekan
vaksinasi di berbagai instansi, sesuai dengan sasaran tahap II seperti TNI/Polri, ASN, kelompok lansia, tenaga pendidik, pemuka agama, pelaku media dan wartawan, pelaku pariwisata, dan sebagainya.

Pekan vaksinasi ini dilakukan guna memudahkan pelaksanaan vaksinasi di lapangan, termasuk mendekatkan pelayanan suntik vaksin kepada para sasaran sehingga target vaksinasi bisa dicapai sesuai waktu yang ditentukan.

"Nah kami di provinsi untuk sasaran sama dengan di Dinkes Kota Makassar, makanya kita sudah putuskan untuk vaksinasi massal di beberapa tempat. Berkolaborasi dengan Dinkes Kota Makassar," tambah dr Nurul.

Adapun beberapa titik pelaksanaan vaksinasi beserta target peserta masing-masing yakni
1 Maret Polda Sulselbar dan Pekerja Media/wartawan di Markas Polda Sulselrabar. Selain itu khusu pada 2 Maret, akan dilakukan kepada TNI AD di Manunggal, Pedagang di Mall PIPO dan ASN di Kantor Gubernur Sulsel.

Ada juga target ASN Pemkot Makassar di Balaikota Makassar pada 3 Maret, lara dosen di GOR Unhas 4 Maret serta 6 Maret untuk jadwal pedagang tradisional dan pasar modern.
Baca juga: Vaksinasi tahap II siap menyasar 1,4 juta jiwa di Sulsel
Baca juga: 3.409 nakes ikuti vaksinasi massal kedua di Sulsel

 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Suharto
Copyright © ANTARA 2021