Harapan kita dengan industri dibangun, 50 persen pasokan kebutuhan aspal nasional itu dari provinsi Sultra khususnya dari Pulau Buton
Baubau (ANTARA) - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Bahlil Lahadalia mengharapkan 50 persen kebutuhan aspal nasional bisa dipasok dari Provinsi Sulawesi Tenggara khususnya dari Pulau Buton.

"Harapan kita dengan industri dibangun, 50 persen pasokan kebutuhan aspal nasional itu dari provinsi Sultra khususnya dari Pulau Buton," ujar Bahlil saat memberikan keterangan pers dalam kunjungan kerja di PT Kartika Prima Abadi Lawele Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Ahad.

PT Kartika Prima Abadi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan aspal. Menurut dia, pimpinan perusahaan membangun satu pabrik aspal Buton yang berkualitas internasional yang kualitasnya sama dengan produk Pertamina.

"Di Pulau Buton terdapat sumber daya alam kita yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda yang namanya aspal Buton, namun harus diakui pengelolaannya belum dilakukan secara baik," ujarnya.
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, Bahlil Lahadalia (kedua kiri) menerima cenderamata dari Dirut PT Kartika Prima Abadi saat kunjungan kerja di Lawele Kabupaten Buton, Sultra, Minggu. (Foto Antara/Yusran)


Pada kunjungan itu, Kepala BKPM juga menyerahkan Tax Holiday kepada PT Kartika Prima Abadi yang diterima Direktur Utama Irwan Hermanto.

"Bahwa hari ini yang kita resmikan dan kita berikan Tax Holiday itu baru kapasitas 100 ribu per tahun, tapi dalam rencana investasi pada 2024 sudah mencapai 500 ribu ton per tahun, artinya kebutuhan konsumsi nasional 50 persen sudah bisa dihasilkan dari sini (Buton-Sultra)," ujarnya.

Hal itu juga, lanjut dia, adalah sebagai bentuk kepastian pemerintah pusat dalam memastikan investasi daerah jalan guna sebagai tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan pemerataan pertumbuhan ekonomi diwilayah kawasan timur khususnya di Pulau Buton.

Ia juga mengatakan kehadiran pihaknya di Sultra sebagai bentuk implementasi dari undang-undang Cipta Kerja yang aturan turanan peraturan pemerintah-nya (PP) sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

"Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa proses investasi yang ada di daerah-daerah berjalan, apalagi terkait dengan industri yang melahirkan nilai ekonomi tambah untuk mewujudkan visi besar Bapak Presiden terkait dengan transformasi ekonomi," katanya.

Pada kunjungan kerja Kepala BKPM RI Bahlil Lahadalia itu, turut hadir Gubernur Sultra Ali Mazi, Bupati Buton La Bakry, Wali Kota Baubau AS Tamrin, sejumlah pejabat Pemprov Sultra, Sekda Buton, Sekda Baubau, dan beberapa pejabat lingkup Pemkot Buton dan Pemkot Baubau.

Baca juga: BKPM dukung investasi pengolahan aspal Buton
Baca juga: Bahlil: aspal Buton harus dikelola dengan baik
Baca juga: Sultra dorong pengembangan Aspal Buton secara nasional




 

Pewarta: Hernawan Wahyudono dan Yusran
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021