Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kosgoro 1957 Sabil Rachman menegaskan keabsahan secara hukum penyelenggaraan Musyawarah Besar (Mubes) IV Kosgoro 1957 yang akan diselenggarakan pada awal Maret di Kota Cirebon.

Tidak ada mubes lain atau apapun namanya yang dilakukan oleh pihak lain apalagi mengaku-ngaku sebagai kepengurusan Kosgoro 1957, demikian penegasan Sabil, dalam pernyataan tertulis, di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Airlangga disebut dukung Dave Laksono di Mubes Kosgoro 1957

Baca juga: Akbar Tanjung dukung Dave Laksono sebagai Ketum Kosgoro 1957


Sabil mengungkapkan sebagai salah satu ormas pendiri, Partai Golkar hanya mengakui Kosgoro 1957 di bawah kepemimpinan HR Agung Laksono.

Selama ini, kata dia, relasi organisatoris dan politik Partai Golkar hanya dilakukan dengan PPK Kosgoro 1957 di bawah kepemimpinan HR Agung Laksono yang sejak Maret 2020 digantikan sehari-hari oleh Syamsul Bachri sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPK Kosgoro 1957.

Hal tersebut karena Agung Laksono mendapatkan tugas sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Demikian pula, kata dia, konsolidasi baik di pusat maupun di daerah juga hanya dilakukan oleh otoritas dan perangkat serta struktur organisasi yang dikoordinasikan oleh PPK Kosgoro 1957 hasil Mubes III Kosgoro 1957 tahun 2013.

Ia mengatakan seluruh konsolidasi organisasi telah berjalan sejak 2013 meski sempat ada persoalan tahun 2016 ketika ada hasil mubes awal Januari 2016 yang mengklaim diri sebagai PPK Kosgoro 1957 yang dipimpin Azis Syamsuddin.

Namun, Sabil mengatakan persoalan tersebut secara organisatoris menjadi "clear" saat penandatanganan kesepakatan tanggal 19 Januari 2017 yang diprakarsai Ketua Umum DPP Partai Golkar, dengan salah satu poinnya adalah pengakuan Azis Syamsuddin atas kepemimpinan Agung Laksono sebagai Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 dan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua Umum PPK Kosgoro 1957.

"Sejak saat itu, roda organisasi Kosgoro 1957 berjalan dengan baik yang tanpa terasa sudah memasuki tahun keempat di ujung pelaksanaan Mubes IV Kosgoro 1957 ini. Tentu saja, saya sendiri tidak begitu percaya jika tiba- tiba ada pihak yang melakukan klaim akan melaksanakan mubes, apalagi yang menyebut kubu Azis Syamsuddin," ujarnya.

Sabil Rachman menduga itu rumor karena tokoh sekelas Azis Syamsuddin tidak mungkin melakukan langkah dan tindakan seperti itu.

"Saya harus berprasangka baik sebagai teman sesama kader Kosgoro 57 dan Golkar. Apalagi, beliau itu pejabat negara yang tentu mestinya jadi contoh dan mewariskan hal- hal yang baik," katanya.

Baca juga: Airlangga harap Kosgoro 1957 dukung program pemerintah

Sementara itu, Ketua Bidang Hukum dan HAM PPK Kosgoro 1957 Muslim Jaya ButarButar mengatakan PPK Kosgoro 1957 telah mempunyai legalitas secara hukum melalui Kementerian Dalam Negeri Tahun 2003 dan sampai saat ini masih aktif dan terdaftar di Kemendagri yang menjadi dasar hukum pelaksanaan Mubes IV Kosgoro 1957 di Cirebon

"Jika ada pihak-pihak yang menyebut Mubes IV Kosgoro 1957 yang akan dilaksanakan pada tanggal 7-9 Maret 2021 di Cirebon tidak ada landasan hukumnya, maka informasi tersebut tidak benar dan bisa dipastikan ngawur. Bisa jadi orang yang ngomong itu kader atau bisa juga memang bukan kader Kosgoro 1957 yang tidak mengerti perkembangan organisasi Kosgoro 1957 yang hendak mendistorsi proses Mubes IV Kosgoro 1957," kata Muslim.

Ia juga memastikan Mubes IV Kosgoro 1957 di Cirebon akan dihadiri seluruh unsur peserta mubes baik yang langsung maupun lewat virtual untuk menghindari terciptanya kerumunan massa dan penyelenggaraannya pun mengikuti protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah di masa pandemi COVID-19.

"Apalagi, acara Mubes IV di Cirebon ini akan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Bapak Airlangga Hartarto, pada tanggal 7 Maret 2021," katanya.

Baca juga: Kosgoro 1957 apresiasi kinerja Basarnas evakuasi korban Sriwijaya Air

Baca juga: Muspinas Kosgoro 1957 tunjuk Syamsul Bachri sebagai Plt ketua umum

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021