banjir tersebut diakibatkan oleh luapan Kali Ciliwung yang berada di bagian belakang permukiman penduduk
Jakarta (ANTARA) - Permukiman penduduk di kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, kembali terendam banjir dengan tinggi muka air berkisar satu meter, Jumat.

"Ini gara-gara tengah malam tadi hujan deras sampai Subuh. Jam 06.00 WIB limpas ke sini," kata salah satu warga RT05 RW11 Kebon Pala, Rian Sofyan, di Jakarta.

Baca juga: Banjir rendam Kebon Pala setinggi satu meter lebih

Hingga Jumat siang ketinggian air masih bertahan  satu meter. Air merendam rumah penduduk hingga ke bagian dalam ruangan.

Banjir tersebut diakibatkan oleh luapan Kali Ciliwung yang berada di bagian belakang permukiman penduduk.

Sebelumnya, pada Kamis (25/2) malam Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, mengalami status siaga 3.

Selang tiga jam kemudian air kiriman dari Katulampa tiba di kawasan Kebon Pala dan meluap ke permukiman penduduk. Situasi itu diperparah dengan kondisi hujan deras.

Baca juga: Kebon Pala Jaktim terendam banjir imbas luapan Ciliwung

Mayoritas warga memilih untuk bertahan di rumah mereka masing-masing setelah sejumlah petugas dari damkar dan kelurahan setempat mengerahkan mesin pompa untuk menyedot genangan.

Wilayah Kebon Pala kerap menjadi langganan banjir, kata Rian, sebab berada di bantaran sungai dengan elevasi lahan yang rendah.

Baca juga: Kawasan padat hunian di Kebon Pala terendam luapan Ciliwung

Banjir sempat merendam rumah warga pada 19-21 Februari 2021 akibat pengaruh yang sama.

Warga sekitar berharap pemerintah segera melakukan normalisasi sungai dan penguatan tanggul sebagai solusi mengatasi banjir di wilayah setempat.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021