Kami berharap program BSPS ini akan dampak yang lebih besar kepada masyarakat terutama kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk meningkatkan kualitas rumahnya dari tidak layak huni menjadi layak huni
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggandeng Bank Mandiri sebagai penyalur dana Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), atau kerap disebut sebagai program bedah rumah, di Provinsi Gorontalo.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, mengatakan program BSPS merupakan bagian dari pelaksanaan program Sejuta Rumah yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR.

Khalawi Abdul Hamid mengemukakan bahwa Program Sejuta Rumah sebagai salah satu program strategis nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo sejak tahun 2015 lalu perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, mulai dari masyarakat, asosiasi pengembang, pihak swasta, perbankan, dan beragam industri terkait lainnya.

"Kami berharap program BSPS ini akan dampak yang lebih besar kepada masyarakat terutama kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk meningkatkan kualitas rumahnya dari tidak layak huni menjadi layak huni," katanya.

Selain itu, ujar dia, pihaknya juga berharap dengan Program BSPS, jumlah rumah tidak layak huni di berbagai provinsi di Indonesia dapat berkurang.

Ia juga mengemukakan bahwa jumlah dana yang akan disalurkan untuk masyarakat penerima Program BSPS di Gorontalo totalnya sebesar Rp22,5 miliar.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Wilayah Sulawesi I Hujurat menyatakan pelaksanaan Program BSPS Provinsi Gorontalo tahun ini mendapat alokasi tahap pertama berjumlah 1.260 unit yang terbagi di lima Kabupaten/Kota.

Penunjukan Bank Mandiri sebagai bank penyalur dana program BSPS, imbuhnya, dikarenakan pada tahun lalu bank tersebut dinilai memiliki hasil evaluasi kinerja yang baik dari Satker di lapangan selama 2020.

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 7 tahun 2018 tentang BSPS diperlukan mekanisme penyaluran dana bantuan melalui bank penyalur, jadi setiap tahunnya diadakan pemilihan untuk bank penyalur BSPS.

"Kami berharap pelaksanaan Program BSPS di Gorontalo bisa berjalan dengan baik dan lancar sehingga target untuk membantu masyarakat meningkatkan kualitas rumahnya bisa terselenggara dengan baik," ucap Hujurat.

Baca juga: Siapkan Rp11,97 miliar, Kementerian PUPR bedah rumah di Papua
Baca juga: Kementerian PUPR gandeng BNI salurkan dana program bedah rumah di Riau
Baca juga: Kementerian PUPR: Program bedah rumah bantu pemulihan ekonomi

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021