Jakarta (ANTARA) - Petugas medis AGD Dinkes DKI Jakarta bersama personel damkar berhasil mengevakuasi seorang warga Cipinang Indah Jakarta Timur yang positif COVID-19 di tengah banjir yang mengepung kawasan pemukiman tersebut.

"Informasi dari petugas damkar warga terkonfirmasi positif COVID-19, dirujuk ke RSUD Duren Sawit," kata petugas AGD Dinkes Januari Purwoko di Jakarta, Sabtu.

Warga dengan kondisi stroke tersebut dievakuasi dari lantai dua rumahnya, dengan menggunakan perahu karet karena ketinggian air yang mencapai sekitar dua meter.

Januari yang biasa disapa Ari mengatakan evakuasi terpaksa dilakukan karena kondisi pasien yang berusia 54 tahun itu memiliki komorbit jantung dan stroke sehingga perlu pemantauan lebih lanjut oleh petugas kesehatan, sementara tempat tinggalnya yang terendam banjir tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri.

Baca juga: Polda Metro Jaya evakuasi jenazah COVID-19 di tengah banjir

Baca juga: Hoaks! AA Gym komentari Anies soal banjir


Dengan satu unit perahu karet, sekitar pukul 17.30 WIB, Ari bersama rekannya sesama petugas kesehatan Edin Masriadin berpakaian APD lengkap dan lima petugas damkar menerjang banjir yang terjadi akibat meluapnya Kali Sunter yang merendam kawasan Cipinang Indah untuk melakukan evakuasi.

Proses evakuasi cukup sulit karena tingginya air dan arus yang cukup kencang menuju rumah warga tersebut, serta pasien yang berada di lantai dua mengalami kelumpuhan akibat stroke pada tubuh bagian kanannya. Pasien juga mengalami demam serta diare.

"Alhamdulillah, pasien berhasil dievakuasi. Sementara seorang anggota keluarganya tetap bertahan di kediaman," ujar dia.

Sejumlah wilayah di DKI Jakarta mengalami banjir akibat curah hujan yang tinggi sejak Sabtu dini hari, termasuk di wilayah Cipinang Muara Jakarta Timur.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas tinggi masih akan terjadi selama sepekan ke depan merata diseluruh wilayah DKI Jakarta.*

Baca juga: Jakarta Pusat targetkan banjir Pasar Baru surut kurang dari 6 jam

Baca juga: Ada empat titik genangan-banjir di Jakarta Pusat

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021