Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Sebuah pohon tumbang menimpa pengendara roda dua dan kendaraan roda empat di Jalan Raya Gunung Gumitir KM 8 yang menghubungkan akses jalan Kabupaten Jember dengan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (8/2) malam.

"Pohon tumbang sempat menimpa kendaraan roda dua dan roda empat karena saat kejadian masih ada kendaraan yang melintas di KM 8," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo di Jember, Selasa.

Menurut dia pengendara sepeda motor hanya mengalami luka ringan, meskipun sempat terjatuh dan beberapa saat kemudian pengendara tersebut dapat melanjutkan perjalanan.

"Kendaraan roda empat mengalami kerusakan di bagian kaca depan, namun pengemudi dan penumpangnya selamat tidak mengalami luka-luka," tuturnya.

Pohon tumbang dan longsor di jalur Gunung Gumitir mengakibatkan arus lalu lintas dari Kabupaten Jember menuju Banyuwangi atau sebaliknya macet total sepanjang kurang lebih 3 kilometer.

"Petugas berusaha mengatur lalu lintas dan menerapkan sistem buka tutup untuk mengurai kemacetan di jalur Gunung Gumitir dan arus lalu lintas yang jalan yang menghubungkan Jember-Banyuwangi itu kembali lancar pada Selasa (9/2) dini hari," katanya.

Ia mengimbau pengendara yang melintas di kawasan Gunung Gumitir untuk meningkatkan kewaspadaannya saat hujan deras karena ada beberapa titik rawan longsor dan pohon tumbang di jalur tersebut.

"Dalam sepekan ini sudah dua kali terjadi pohon tumbang dan tanah longsor saat hujan deras disertai angin kencang yang menyebabkan kemacetan di jalur Jember-Banyuwangi, sehingga kami minta pengendara yang melintas waspada," ujarnya.

Sepanjang kawasan Gunung Gumitir rawan longsor dan pohon tumbang, sehingga pengendara yang melintas diimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya saat hujan deras.

"Kami juga sudah memberikan rekomendasi kepada instansi terkait, agar segera memotong sejumlah pohon besar yang berpotensi tumbang karena membahayakan pengguna jalan yang melintas di jalur yang menghubungkan Kabupaten Jember-Banyuwangi itu," katanya.

Baca juga: Petugas bersihkan pohon tumbang dan material longsor di jalur Gumitir

Baca juga: Angin kencang di Jember sebabkan pohon menimpa rumah dan mobil

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021