Jadi PT Pos punya layanan keuangan namun karena keterbatasan lisensi, kita tidak punya lisensi saving, lisensi lending dari BI maupun OJK sehingga layanan jasa keuangan kita harus mengajak partner
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyambut baik hadirnya layanan Kopnuspos yang merupakan hasil kolaborasi PT Pos Indonesia dan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Nusantara.

Deputi Bidang Pengawasan Kemenkop dan UKM Ahmad Zabadi mengatakan bahwa kehadiran layanan simpan pinjam berbasis aplikasi mobile menjadi terobosan baru yang dilakukan PT Pos dan KSP Nusantara.

"Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan selamat atas peluncuran produk baru yang baru saja diluncurkan yaitu Kopnuspos. Produk tabungan harian berbasis aplikasi digital Kopnuspos, kerja sama PT Pos dan Kopnus," kata Ahmad Zabadi dalam jumpa pers virtual, Jumat.

Baca juga: Aplikasi Asetku sukses salurkan pendanaan Rp4triliun dalam dua tahun

Kehadiran layanan ini, menurut Ahmad Zamadi, juga dapat meningkatkan dan memajukan layanan koperasi kepada anggotanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan bahwa pihaknya akan terus membuka kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan layanan.

"Jadi PT Pos punya layanan keuangan namun karena keterbatasan lisensi, kita tidak punya lisensi saving, lisensi lending dari BI maupun OJK sehingga layanan jasa keuangan kita harus mengajak partner," ujar Faizal Rochmad Djoemadi.

"Intinya PT Pos membuka seluas-luasnya partnership untuk men-deliver produk keuangan. Kita sangat terbuka. Artinya hari ini kita tidak mungkin membangun produk sendiri," sambungnya.

Baca juga: Modalku penuhi pinjaman UMKM Indonesia Rp 4 triliun pada kuartal II

Dedi Damhudi selaku Ketua dari KSP Nusantara menjelaskan bahwa Kopnuspos memiliki dua layanan, yaitu pinjaman dan simpanan.

Lebih lanjut, layanan pinjaman akan memberikan bantuan kredit dengan mudah sehingga para calon pensiunan PNS, TNI, POLRI tetap produktif dimasa pensiun.

Dengan program ini Kopnuspos optimistis meraih potensi market pensiun Taspen dan Asabri serta ASN yang masih sangat besar.

Sedangkan layanan simpanan Kopnuspos merupakan produk tabungan harian berbasis aplikasi digital yang mempunyai berbagai kelebihan yang diciptakan untuk kenyamanan para anggotanya.

Baca juga: Aplikasi Asetku sukses salurkan pendanaan Rp4triliun dalam dua tahun

Dengan aplikasi Kopnuspos, anggota dapat melakukan pembukaan rekening simpanan harian, simpanan berjangka, setoran, penarikan, transfer, dan semua transaksi secara realtime online.

Anggota pun dapat mengecek info saldo serta mutasi simpanan, informasi pinjaman, pembelian, dan pembayaran tagihan yang didukung dengan fitur-fitur yang mudah untuk digunakan.

"Mudah-mudahan ini memberikan semacam transaksi yang lebih muda, lebih cepat khusus untuk para anggota," tutur Dedi Damhudi.

Baca juga: PT Pos gunakan aplikasi hindari penyimpangan bansos Rp12 triliun

Baca juga: Petugas antarkan langsung bansos sembako ke penerima di Jakarta

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021