Kebakaran hutan terjadi di dekat konsesi Sinarmas Siak

Kebakaran hutan terjadi di dekat konsesi Sinarmas Siak

Tim pemadam kebakaran saat melakukan penyekatan api di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak. ANTARA/HO-Sinarmas

Siak (ANTARA) - Sebuah kebakaran hutan dan lahan sawit terjadi di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, yang berjarak 1,5 kilometer dari areal konsesi perusahaan hutan tanaman industri PT Arara Abadi APP Sinarmas sejak Selasa siang (2/2).

Hingga Rabu pagi, kebakaran dilaporkan masih terjadi kebakaran dan petugas dari perusahaan dibantu aparat dan masyarakat turut memadamkan api di lahan tersebut.

"Pihak perusahaan turut membantu memadamkan kebakaran tersebut karena dikhawatirkan api bisa menjalar areal konsesi perusahaan. Hari ini masih lanjut pemadaman, tapi api sudah dalam keadaan terkendali," kata Fire Operational Management (FOM) Head PT Arara Abadi, Priyo di Siak, Rabu.

Baca juga: Menristek: Satelit penginderaan jauh penting untuk tangani karhutla

Dia mengatakan kebakaran sudah terjadi sejak Selasa (2/2) kemarin yang terdeteksi oleh tim patroli PT Arara Abadi, persisnya oleh tim Menara Api yang mulai melihat asap mengepul pada sekitar pukul 12.58 WIB.

Setelah itu, tim langsung melakukan pemadaman sejak pukul 14.30 WIB. Jumlah personel regu pemadam kebakaran ada sebanyak enam orang dengan dibantu tim reaksi cepat sebanyak 12 orang.

Selain itu juga ada dari masyarakat peduli api setempat lima orang dan petugas keamanan dua orang. Turut membantu pemadaman juga karyawan PT Arara abadi sembilan orang serta masyarakat 10 orang. TNI/Polri dan pemadam kebakaran daerah setempat juga membantu masing-masing dua orang.

Berbagai alat dikerahkan mulai dari ministriker atau pompa pemadam jinjing hingga helikopter dalam upaya memadamkan kebakaran di lahan tersebut.

Baca juga: Cuaca panas picu karhutla di Natuna dan Bintan
Baca juga: KLHK nyatakan luas hutan terbakar menurun signifikan pada 2020
Pewarta : Bayu Agustari Adha
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021