Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Maputo, Mozambik, meluncurkan Pusat Budaya Indonesia, Sabtu (30/1), dan bekerja sama dengan perguruan tinggi seni di negara itu untuk menggelar kursus tari Indonesia secara daring.

Dalam pernyataan pers KBRI Maputo yang diterima di Jakarta, Senin, promosi kebudayaan Indonesia dan Mozambik dilakukan atas kerja sama pihak perwakilan Indonesia dengan Perguruan Tinggi Seni dan Budaya (Instituto Superior de Artes e Cultura/ISArC).

Kursus tari dimulai pada awal Februari ini, dilakukan di Pusat Budaya Indonesia di Mozambik dengan peserta mahasiswa ISArC dan pengajar dari Gema Citra Nusantara di Jakarta yang melatih lewat platform virtual--disebut yang pertama kali dilakukan oleh perwakilan RI di luar negeri.

"Tim Gema Citra Nusantara selain bertatap muka secara online, juga akan mengirimkan video agar para murid dapat latihan mandiri sebelum hadir pada latihan berikutnya," kata KBRI Maputo.

Pelatihan tari Indonesia nantinya akan digelar setiap pekan melalui Zoom, dan terbuka bagi masyarakat Mozambik yang tertarik mempelajari budaya Nusantara.

"Kerja sama dan kolaborasi seni dan budaya antara Indonesia dan Mozambik sangat penting untuk meningkatkan saling pengertian dan saling mengenal antara masyarakat kedua negara," kata Duta Besar RI untuk Mozambik Herry Sudradjat, dikutip dari keterangan yang sama.

Tahun 2021 menandai peringatan 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Mozambik, dan Herry meyakini bahwa "hubungan yang erat dan kuat antara masyarakat kedua negara (people-to-people) akan lebih bersifat permanen [...] serta akan menjadi fondasi yang solid bagi peningkatan hubungan bilateral kedua negara di berbagai bidang lainnya."
Baca juga: RI-Mozambik telah selesaikan negosiasi perjanjian 200 produk
Baca juga: Komisi VI DPR setujui kemitraan ekonomi RI dengan Jepang dan Mozambik

Pewarta: Suwanti
Editor: Suharto
Copyright © ANTARA 2021