KRI Teluk Hading bawa bantuan TNI AL untuk korban banjir Kalsel

KRI Teluk Hading bawa bantuan TNI AL untuk korban banjir Kalsel

Komandan Pangkalan TNI AL Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto menyerahkan bantuan kepada Walikota Banjarmasin Ibnu Sina. ANTARA/Firman/am.

Banjarmasin (ANTARA) - KRI Teluk Hading 538 membawa bantuan TNI Angkatan Laut untuk korban banjir di Kalimantan Selatan yang diterima secara simbolis oleh Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Mujiyat dan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina di dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Sabtu.

"Alhamdulilah KRI Teluk Hading telah sandar membawa barang kebutuhan pokok seperti sembako dan lainnya yang diperlukan warga terdampak banjir," terang Komandan Pangkalan TNI AL Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto.

Dikatakannya, kapal perang yang dikomandani Letkol Laut (P) Roni itu berangkat dari Lantamal XIII Tarakan mengangkut bantuan dari TNI AL di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Menurut Danlanal, peran aktif TNI AL dalam membantu penanggulangan bencana seperti banjir di Kalsel merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang menginstruksikan anggotanya hadir dalam setiap kesulitan masyarakat.

Baca juga: TNI AL berikan layanan kesehatan warga di lokasi banjir Kalsel

Baca juga: Kopaska dan Dislambair Koarmada II bantu penanganan banjir di Kalsel
Letkol Laut (P) Roni menyerahkan bantuan kepada perwakilan Korem 101/Antasari sebagai Satgas Penanggulangan Banjir Kalsel. (ANTARA/Firman)


Jadi selain menerjunkan tim SAR gabungan beranggotakan prajurit Lanal Banjarmasin, Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada II, Penyelam TNI AL (Dislambair) Koarmada II dan Marinir, TNI AL juga terus menyalurkan bantuan yang dibutuhkan masyarakat korban banjir.

"Tim SAR TNI AL disiagakan sampai kondisi wilayah benar-benar pulih dari dampak banjir," tandas Sandharianto.

Sementara Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan terima kasih atas dukungan besar TNI AL dalam membantu penanggulangan banjir di Bumi Lambung Mangkurat.

"Memang air telah surut saat ini namun dampak banjir akan masih terasa hingga beberapa minggu ke depan. Tentunya segala bantuan akan sangat dibutuhkan warga," katanya.

Baca juga: TNI AL distribusikan bantuan ke lokasi masih tergenang di Kalsel

Baca juga: Satgas Marinir tembus daerah terisolir distribusikan bantuan di Kalsel


 
Pewarta : Firman
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021