Helikopter Polri distribusikan vaksin COVID-19 ke wilayah kepulauan

Helikopter Polri distribusikan vaksin COVID-19 ke wilayah kepulauan

Helikopter jenis Bell 429 milik Baharkam Polri digunakan untuk mendistribusikan vaksin COVID-19 ke wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe. ANTARA/HO-Humas Polda Sulut

Manado (ANTARA) - Helikopter jenis Bell 429 bernomor registrasi P-3201 milik Baharkam Polri, yang diperbantukan di Polda Sulawesi Utara dalam rangka pengamanan Operasi Mantap Praja, turut digunakan dalam mendistribusikan vaksin COVID-19 ke wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Distribusi vaksin menggunakan helikopter, guna mengantisipasi terjadinya gelombang tinggi akibat cuaca ekstrem akhir-akhir ini jika dikirim lewat jalur laut, mengingat kondisi geografis Sangihe yang berada di kepulauan,” kata Kabid Humas Kombes Pol Jules Abraham Abast, di Manado, Kamis.

Ia mengatakan saat tiba di Sangihe, vaksin tersebut diangkut menggunakan mobil ambulans menuju ruang penyimpanan vaksin di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Baca juga: Lonjakan COVID-19 di Sulut kembali terbanyak 241 kasus

Saat vaksin tiba di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, kemudian disimpan di ruang khusus tersebut.  Vaksin untuk wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud untuk sementara waktu juga dititipkan dan disimpan di ruang penyimpanan kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Rangkaian kedatangan, serah terima, serta distribusi dan penyimpanan vaksin di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe ini dikawal ketat oleh personel Polres Kepulauan Sangihe bersama Kodim 1301/Sangihe. Tujuannya untuk mencegah gangguan keamanan, sehingga kegiatan berjalan dengan aman dan lancar,” katanya.

Helikopter mendarat di Bandara Naha, Sangihe, sekitar pukul 14.40 WITA, dengan mengangkut vaksin jenis Sinovac sebanyak 2 dos (2.500 vial) untuk wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan 1 dos (2.100 vial) untuk wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud.

Vaksin tersebut dibawa oleh staf Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Sulut Ingward Mandagi, dengan mendapat pengawalan personel Ditpolairud yang dipimpin Dirpolairud Polda Sulut Kombes Pol Edward Indharmawan Eka Chandra.

Vaksin kemudian diturunkan dan dibawa ke ruang VIP Bandara Naha. Selanjutnya diserahkan oleh staf Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Sulut kepada Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe Nortje Kaemba, disertai penandatanganan berita acara serah terima.

Baca juga: Penambahan kasus baru COVID-19 di Sulut pecah rekor, 234 orang
Baca juga: Awal 2021 tambah 31, positif COVID-19 di Sangihe-Sulut capai 145 kasus


 
Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021