Eddie Jordan yakin Vettel bakal bawa Aston Martin sukses di F1

Eddie Jordan yakin Vettel bakal bawa Aston Martin sukses di F1

Sebastian Vettel melakukan selebrasi setelah finis ketiga untuk tim Ferrari di Grand Prix Turki, Sirkuit Istanbul Park, Istanbul. (15/11/2020) (AFP/Tolga Bozoglu/Pool)

Jakarta (ANTARA) - Sebastian Vettel diyakini mampu membantu tim Aston Martin meraih kesuksesan di Formula 1 musim ini seperti halnya ketika Damon Hill tiba di tim yang dulunya bernama Jordan itu pada 1998, demikian ungkap mantan pemilik tim tersebut Eddie Jordan.

Aston Martin, yang tahun lalu masih berlabel Racing Point, adalah jelmaan tim yang bermarkas di Silverstone yang dulunya didirikan oleh pengusaha asal Irlandia tersebut pada 1991.

Vettel, yang meraih empat gelar juara dunia bersama Red Bull dari 2010-2013, diboyong dari Ferrari sebagai pengganti pebalap Meksiko Sergio Perez untuk menjadi tandem pebalap 22 tahun asal Kanada Lance Stroll, putra dari pemilik tim saat ini, Lawrence.

Baca juga: Hari ini, Ferrari awali sesi tes privat di Fiorano

Jordan berbicara kepada Reuters, Selasa, bahwa perekrutan Vettel, meski sang pebalap tahun lalu tampil jeblok bersama Ferrari, bisa membawa perubahan bermakna.

"Kami tak ragu Lance sangat cepat, tapi ada beberapa hal di mana dia tidak cepat," kata Jordan.

"Saya rasa ini akan meningkatkan penampilan Lance dan informasi serta pengetahuan dari seorang juara dunia empat kali akan memiliki dampak yang sangat besar bagi tim tersebut.

"Jordan berada dalam keadaan sulit sebelum kami menemukan Damon Hill dan semua orang tahu dia bukanlah yang tercepat di antara para pebalap. Tapi apa yang dia miliki adalah pengetahuan yang sangat luas dan kemampuan untuk bisa menang dan dia membawa itu dari Williams.

"Dia memulai jalan kemenangan kami. Saya yakin Vettel akan membawa kemampuan itu."

Baca juga: Button akan membalap di seri offroad elektrik Extreme E

Hill, juara dunia 1996 bersama Williams, bergabung dengan Jordan pada 1998 dan mempersembahkan kemenangan pertama bagi tim itu di F1 dengan finis 1-2 bersama Ralf Schumacher di Belgia tahun itu juga.

Jordan meraih tiga kemenangan mereka berikutnya, dua di Jerman lewat Heinz-Harald Frentzen pada 1999 hingga tim tersebut mengakhiri musim di peringkat tiga, dan satu kemenangan Giancarlo Fisichella di Brazil pada 2003.

Jordan kemudian menjelma menjadi Midland pada 2006, kemudian Spyker, Force India dan Racing Point.

Perez, yang saat ini menjadi tandem Max Verstappen di Red Bull, mempersembahkan kemenangan perdana bagi Racing Point di Bahrain tahun lalu.

Namun, Jordan yakin Aston Martin saat ini memiliki pasangan pebalap yang lebih kuat.

"Mereka bisa merebut posisi ketiga di kejuaraan yang mungkin seharusnya mereka miliki tahun ini... Saya yakin mereka akan layak di peringkat tiga besar."

Musim Formula 1 tahun ini akan dimulai di Bahrain pada 28 Maret nanti.

Baca juga: F1 rombak kalender, Bahrain gantikan Australia sebagai seri pembuka
Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021