Jakarta (ANTARA) - Perusahaan induk Google, Alphabet, menutup lini bisnis Loon, yang awalnya ingin menyediakan alternatif jaringan internet yang lebih murah.

Alphabet terpaksa menutup proyek itu karena "terbukti membutuhkan waktu jauh lebih lama dan lebih berisiko dari yang diharapkan," Reuters melaporkan, Jumat.

Didirikan pada 2011, Loon ingin menghadirkan konektivitas internet ke berbagai wilayah di dunia, namun membangun menara seluler ternyata membutuhkan biaya yang terlalu mahal.

Baca juga: Google garap fitur perekam telepon tak dikenal secara otomatis?

Loon secara teknis menggunakan balon seluas lapangan tenis untuk menerbangkan peralatan jaringan telekomunikasi bertenaga surya ke udara. Namun, operator nirkabel, yang merupakan target pembeli Loon justru mempertanyakan kelayakan teknis pada teknologi tersebut. Loon meluncurkan proyek percontohan di Kenya pada 2020, terlambat bertahun-tahun dari jadwal yang ditetapkan..

Teknologi tersebut sebelumnya bisa menjalankan proyek-proyek singkat untuk menyediakan cakupan seluler di Peru dan Puerto Rico ketika menara seluler runtuh akibat bencana alam.

Proyek tersebut mempekerjakan 200 orang pada 2019, yang menarik investasi 125 juta dolar AS dari HAPSMobile SoftBank tahun itu. Loon membuka peluang untuk membagi teknologi itu kepada operator, pemerintah atau kelompok nirlaba.

Baca juga: Google selidiki tim AI yang tangani data sensitif

Baca juga: Google Play Store kini beri tahu aplikasi mana yang sedang tren

Baca juga: Situs Parler mulai pulih, aplikasi masih diblokir

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021