Pasien sembuh COVID-19 capai 7.753 orang di Aceh

Pasien sembuh COVID-19 capai 7.753 orang di Aceh

Dokumen - Petugas medis mempersiapkan vaksin COVID-19 sinovav untuk diberikan kepada tenaga kesehatan Puskesmas Ulee Kareng di Banda Aceh, Rabu (20/1/2021) ANTARA/Irwansyah Putra

Banda Aceh (ANTARA) - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Aceh Saifullah Abdulgani mengatakan empat pasien di daerah itu dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona per hari ini, sehingga total warga yang telah terbebas dari virus mematikan itu mencapai 7.753 orang.

“Pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh tersebut telah selesai menjalankan isolasi mandiri atau sudah ke luar dari rumah sakit, tempatnya dirawat selama ini," katanya di Banda Aceh, Rabu.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Sultra menjadi 7.531 dari 8.915 kasus

Menurut data Dinas Kesehatan Aceh, dia melanjutkan, penambahan empat pasien sembuh tersebut masing-masing satu orang asal Kota Sabang, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Singkil dan daerah kepulauan Kabupaten Simeulue.

Sementara itu, lanjut dia, juga terdapat 18 kasus positif baru per hari ini meliputi warga Kabupaten Aceh Besar delapan orang, Kota Banda Aceh enam orang, warga Pidie dua orang, dan warga asal Langsa satu orang serta satu warga lain pemegang KTP luar Aceh.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 jadi 763.703 orang, kasus positif capai 939.948

“Alhamdulillah tidak ada korban COVID-19 yang dilaporkan meninggal dunia dalam 24 jam terakhir ini,” kata Saifullah.

Ia menambahkan penularan virus corona masih terjadi di tengah masyarakat Aceh melalui percikan droplet saat berbicara, batuk, atau bersin sehingga masuk ke tubuh orang lain melalui mulut, hidung dan mata.

“Karena itu, kita mengimbau warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan cara menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan, yang merupakan cara paling sederhana tapi efektif melindungi diri dari ancaman virus corona,” katanya.

Baca juga: 44.886 pasien COVID-19 di RSD Wisma Atlet sembuh

Selain itu, dia juga meminta kepada penderita baru COVID-19 agar menjalani perawatan sesuai anjuran medis.

Kata dia, bagi yang tidak memiliki gejala dan dianjurkan isolasi mandiri, hendaknya dijalankan sesuai protokol kesehatan untuk melindungi anggota keluarga dan tetangga.

Begitu juga bagi penderita yang dirawat di rumah sakit rujukan atau rumah sakit umum daerah, hendaknya menjalankan prosedur perawatan dengan baik, kata Saifullah.

“Bila mengikuti semua anjuran dokter dan tim medis, istirahat total di ruang perawatan dan berdoa, Insya Allah segera pulih dari gelaja COVID-19 ,” katanya.

Hingga Rabu (20/1), kasus COVID-19 di daerah berjulukan Tanah Rencong itu sudah mencapai 9.089 orang, di antaranya 962 orang masih dalam penanganan medis, 7.753 orang sudah sembuh dan 374 orang meninggal dunia.
Pewarta : Khalis Surry
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021