Hoaks, pria pingsan setelah divaksin COVID-19

Hoaks, pria pingsan setelah divaksin COVID-19

Seorang dokter sedang mengambil cairan vaksin untuk disuntikan saat vaksinasi COVID-19 di halaman Kantor Gubernur NTT, Kota Kupang, NTT Kamis (14/1/2021). Kombes Pol Sudaryono menjadi penerima vaksin COVID-19 perdana untuk NTT setelah sebelumnya beebread pejabat publik lainnya gagal menerima vaksin karena tekanan darahnya tinggi . ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/foc. (Antara Foto/Kornelis Kaha)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah video tentang seorang pria yang diklaim pingsan seusai divaksin COVID-19 mendadak viral sebagai pesan berantai di aplikasi WhatsApp.

Di dalam video itu, pria berbaju putih itu mendatangi satu meja karena akan divaksin. Lalu, dia berjalan ke meja lain untuk diwawancarai. 

Tidak berapa lama, pria itu tiba-tiba pingsan. Tenaga medis pun langsung membantu pria itu untuk dibaringkan di tempat tidur.

Video tentang pria yang pingsan itu juga menyebar di berbagai media sosial dan bukan hanya di aplikasi WhatsApp.

Namun, apakah benar pria itu pingsan setelah divaksin COVID-19?
 
Tangkapan hoaks layar potongan video yang disebut sebagai video seorang pria pingsan setelah disuntik vaksin COVID-19 (Whatsapp)


Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, narasi yang disematkan dan menyertai video tersebut telah dimanipulasi. Faktanya, video itu bukan video tentang pasien yang pingsan setelah divaksin, melainkan simulasi vaksinasi COVID-19.

Pemberitaan Detik.com berjudul "Beredar Video Warga Pingsan Usai Vaksin COVID-19, Kemenkes: Itu Simulasi" menyatakan ideo itu adalah situasi simulasi vaksinasi COVID-19 di Nusa Tenggara Timur.

Lokasi simulasi vaksinasi itu di halaman Kantor Gubernur NTT, Kupang. Menurut Kementerian Kesehatan, belum ada laporan mengenai KIPI atau kejadian ikutan pasca-imunisasi di NTT.

Foto tentang pria yang berpura-pura pingsan saat simulasi itu juga dapat dilihat di situs victorynews.id, dengan judul konten "Esok, RSUD W Z Johannes Sudah Siap Lakukan Vaksin".

Dalam konten itu, terdapat pula gambar simulasi vaksinasi COVID-19 di NTT. Tampak dalam foto adalah sosok pria berkemeja putih yang sama dengan pria dalam video viral tersebut. Simulasi vaksinasi itu dilakukan pada 13 Januari 2021.

Akun resmi Facebook dari kanal berita Pos-Kupang.com pada 13 Januari 2021 telah menyiarkan langsung simulasi vaksinasi tersebut. Video itu diberi judul "Ada Pasien Yang Jatuh Saat Simulasi Vaksin Perdana Covid 19 Provinsi NTT".

Di dalam video itu disertakan pula narasi sebagai berikut:
"Tim Vaksinator RSUD Prof WZ Johannes yang dipimpin Wadir Pelayanan RSUD Prof Johannes, dr Stef Dhe Soka bersama dengan tim Dinas Kesehatan NTT menggelar simulasi pelaksanaan vaksin perdana untuk para pejabat Lingkup Pemprov NTT. Simulasi digelar di halama Gedung Sasando Kantor Gubernur NTT pada Rabu (13/1) pagi. Rencananya, pada kamis akan dilakukan vaksinasi perdana tingkat Provinsi NTT kepada 15 pejabat publik".

Klaim : Pria pingsan setelah divaksin COVID-19
Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks, Kasdim Gresik meninggal setelah divaksin COVID-19

Cek fakta: Hoaks, video mobil terseret banjir di Kalimantan Selatan
Pewarta : Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021