Saya doakan semoga prosesnya lancar, dan saya doakan bisa mengemban amanah ini dengan baik
Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mendukung pilihan Presiden Joko Widodo mengajukan Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kepada DPR RI menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang memasuki masa pensiun di akhir Januari 2021.

Menurut Tito, Listyo memiliki kematangan, ketenangan, serta kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik sebagai seorang calon Kapolri.

"Saya merasa pak Sigit meskipun berusia muda tapi matang. Sudah cukup matang di pengalaman dikewilayahan, di teritorial, pengalaman di staf yang cukup lama, dan juga pengalaman di bidang serse. Kepala Badan Reserse Kriminal, jabatan yang sangat strategis di Polri," kata Tito saat ditemui wartawan di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Senin.

Baca juga: Kompolnas beri masukan Komisi III terkait rekam jejak Listyo Sigit

Baca juga: Komisi III dalami penjelasan Kompolnas terkait calon Kapolri


Tito juga menghargai sikap santun yang dimiliki Listyo Sigit ketika mengunjungi para mantan Kapolri di masa sebelumnya untuk meminta masukan sebelum menjalani uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon Kapolri di Komisi III DPR RI.

"Saya sangat menghargai pak Sigit yang datang ke para mantan Kapolri. Selain meminta masukan, juga minta restu. Itu memang tradisi, menghormati senior. Saya juga sering begitu, dulu," kata Tito.

Mantan Kapolri yang menjabat pada Juli 2016 hingga 22 Oktober 2019 itu juga melihat ada kesamaan antara dirinya dengan Listyo Sigit.

Tito teringat kalau dirinya juga berusia 51 tahun lebih ketika dipilih Presiden Jokowi menjadi Kapolri ke-23 untuk menggantikan Jenderal Polisi (Purn) Badrodin Haiti.

Tito berharap segala proses yang dijalani Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi Kapolri dapat berjalan dengan lancar.

"Saya doakan semoga prosesnya lancar, dan saya doakan bisa mengemban amanah ini dengan baik," kata Tito.

Baca juga: RDPU Komisi III bersama Kompolnas dilaksanakan tertutup

Baca juga: Komjen Listyo Sigit silaturahmi ke para mantan Kapolri minta restu

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021