Bentrok dengan Grammy, SAG Awards 2021 undur jadwal acara

Bentrok dengan Grammy, SAG Awards 2021 undur jadwal acara

Para pemain dan sutradara "Parasite" memenangi "outstanding performance by a cast in a motion picture" di 26th Annual Screen Actors Guild Awards at the Shrine Auditorium. ANTARA/Reuters/USA TODAY NETWORK/Dan MacMedan.

Jakarta (ANTARA) - Perhelatan acara penghargaan film tahunan Screen Actors Guild (SAG) Awards harus mengundur tanggal acara dan penayangannya hingga 4 April karena sempat bentrok dengan jadwal dari penghargaan musik tahunan Grammy Awards.

Dilansir Billboard, Senin, Grammy Awards sendiri telah menunda perhelatan ke-63nya dari sebelumnya direncanakan diadakan pada 31 Januari, menuju 14 Maret, berbarengan dengan jadwal pertama SAG Awards ke-27.

Ini adalah tahun kedua berturut-turut bagi SAG Awards mengalihkan jadwalnya untuk menghindari pertemuan langsung dengan Grammy.

Baca juga: Daftar lengkap pemenang SAG Awards 2020

Pada musim penghargaan tahun 2020, SAG Awards tahunan ke-26, yang semula dijadwalkan pada 26 Januari, dipindahkan seminggu sebelumnya menjadi 19 Januari ketika Grammy Awards mengumumkan bahwa mereka akan mengambil tanggal 26 Januari.

Langkah Grammy minggu lalu ke tanggal di mana SAG Awards telah mempertaruhkan klaim enam bulan sebelumnya memicu pernyataan publik yang tidak biasa dari SAG-AFTRA.

"Kami sangat kecewa mendengar tanggal yang bertentangan, 14 Maret, yang diumumkan hari ini untuk siaran Grammy Awards tahun ini," kata SAG-AFTRA.

"Kami mengumumkan tanggal yang sama untuk SAG Awards Juli lalu dengan maksud untuk memberikan pertimbangan penjadwalan sebesar mungkin untuk acara penghargaan lainnya. Kami mengharapkan pertimbangan yang sama dari organisasi sejenis di seluruh industri," imbuhnya.

Recording Academy dan SAG-AFTRA memang merayakan beberapa artis yang sama. Renée Zellweger, yang memenangkan SAG Award untuk penampilan luar biasa oleh aktor wanita dalam peran utama tahun lalu untuk "Judy", adalah nominasi Grammy tahun ini untuk album vokal pop tradisional terbaik untuk karyanya di soundtrack.

Dua bintang legendaris - Frank Sinatra dan Julie Andrews - telah menerima penghargaan tertinggi di kedua penghargaan tersebut, yaitu penghargaan pencapaian seumur hidup dari Recording Academy dan penghargaan prestasi seumur hidup Screen Actors Guild.

"… Dua organisasi kami, SAG-AFTRA dan Recording Academy, berbagi anggota dan bekerja sama secara efektif untuk mengadvokasi seniman di banyak bidang," kata penyelenggara SAG Awards.

"Dalam lingkungan yang semakin menantang untuk program penghargaan yang disiarkan televisi, kami juga memiliki kepentingan bersama untuk berhasil menampilkan seni dan bakat dari keanggotaan kami masing-masing. Kami berhubungan dengan Recording Academy dan akan terus bekerja dengan organisasi mitra kami untuk menemukan cara agar musim penghargaan tahun ini sesukses mungkin," imbuhnya.

SAG Awards memperpanjang periode kelayakan tahun ini selama dua bulan, termasuk karya yang dipamerkan atau disiarkan antara 1 Januari 2020 dan 28 Februari 2021. Nominasi untuk SAG Awards ke-27 akan diumumkan pada 4 Februari.

SAG Awards sendiri akan disiarkan di TNT dan TBS pada pukul 6 sore waktu setempat di tanggal 4 April, atau tiga minggu sebelum Academy Awards tahunan ke-93 dihelat.

Baca juga: Festival Film Sundance 2021 hanya akan dihelat selama seminggu

Baca juga: Palm Springs International Film Festival dihelat Februari 2021

Baca juga: SAG Awards ditunda hingga Maret 2021
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021