korban yang mengalami patah tulang atau akibat lain, bisa dirawat bahkan dioperasi di KRI Soeharso," ujarnya.
Mamuju (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya akan mengerahkan KRI Soeharso untuk membantu para korban gempa bumi di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

"Dalam beberapa hari nanti, kita akan hadirkan KRI Soeharso, untuk membantu pemulihan kesehatan warga korban gempa bumi di Kabupaten Mamuju. Kebetulan saya lihat Lanal di sini kondisinya bagus dan tidak ada kerusakan, sehingga KRI Soeharso bisa bersandar," ujar Hadi saat menyerahkan bantuan dari Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar di kawasan Kantor Gubernur Sulbar, Sabtu sore.

Para korban gempa bumi, lanjut Hadi, akan mendapatkan pelayanan kesehatan di KRI Soeharso, termasuk tindakan operasi jika ada yang mengalami patah tulang.

Baca juga: Panglima TNI tekankan pentingnya posko kesehatan dan dapur umum

"Jadi, bagi korban yang mengalami patah tulang atau akibat lain, bisa dirawat bahkan dioperasi di KRI Soeharso," ujarnya.
Sebuah bangunan yang ambruk dan mengenai sebagian badan jalan di kawasan Simboro, hingga Sabtu sore belum dibersihkan. (ANTARA/Amirullah)

Kehadiran KRI Soeharso juga tambah Hadi, untuk membantu rumah sakit di Mamuju dalam menangani korban gempa bumi.

"Di samping itu, rumah sakit yang sudah bisa operasional, tentunya juga bisa diberdayakan," terang Hadi.

Baca juga: Panglima TNI salurkan bantuan Presiden untuk korban banjir Kalsel

Selain menyerahkan bantuan dari Presiden Joko Widodo, kehadiran Panglima TNI di Mamuju tersebut juga melihat langsung kondisi daerah itu pascagempa bumi.

Panglima TNI yang didampingi Gubernur Sulbar juga sempat melihat langsung sejumlah kerusakan yang ditimbulkan gempa tersebut, termasuk meninjau Rumah Sakit Mitra Manakarra yang ambruk.

Baca juga: Panglima TNI: Pengerahan kekuatan maksimal tangani banjir di Kalsel

Pewarta: Amirullah
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2021