Jayapura (ANTARA) - Tiga kota dan kabupaten di Papua menjadi sasaran vaksinasi COVID-19, yakni Kota dan Kabupaten Jayat serta Kabupaten Mimika.
 
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Papua dr. Aaron Arronggear di Jayapura, Jumat mengatakan ditunjuknya tiga wilayah itu berdasarkan petunjuk dari pusat.

Baca juga: Ketua Dewan Adat Papua Domberai turut divaksin COVID-19

Baca juga: Panglima TNI ajak tokoh agama Papua dan Papua Barat sosialisasi vaksin
 
"Kami di daerah hanya melaksanakan saja dan berharap masyarakat mau divaksin agar dapat terhindar dari virus COVID-19, " kata Aaron seraya mengaku dirinya sudah divaksin sejak Rabu (13/1).
 
Ia menerangkan untuk Kota Jayapura mendapat jatah vaksin buatan Sinovac sebanyak 3.464 dosis vaksin, Kabupaten Jayapura 1.343 dosis dan Kabupaten Mimika sebanyak 2.449 dosis vaksin.
 
Untuk melakukan vaksinasi, kata Aaron, baru para tenaga kesehatan dari Kota Jayapura yang dilatih sebagai vaksinator sebanyak 143 orang yang nantinya akan melakukan penyuntikan kepada penerima vaksin.
 
Saat ini baru 21 orang di Papua yang divaksin, 20 orang penerima vaksin itu di antaranya Pangdam XVII Cenderawasih, Kadis Pendidikan Papua, beberapa pejabat di lingkungan TNI-Polri, tokoh agama, tenaga kesehatan, dan wartawan.

Baca juga: Satgas COVID-19: Vaksinasi tidak serta merta bebas protokol kesehatan

Baca juga: Papua Barat mulai kumpulkan data warga peserta vaksinasi COVID-19
 
Pencanangan vaksin dilaksanakan Jumat di halaman parkir IGD RSUD Dok II Jayapura, Jumat. "Hingga kini tidak ada keluhan berarti dari para penerima vaksin," katanya.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021