ACT Malang distribusikan paket pangan untuk para santri

ACT Malang distribusikan paket pangan untuk para santri

Seorang relawan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang memberikan paket pangan untuk anak-anak di salah satu Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) yang ada di wilayah Kota Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (15/1/2021). ANTARA/HO-Humas ACT Malang/VFT

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Malang mendistribusikan ribuan paket pangan kepada para santri di sejumlah wilayah melalui program aksi Bengkel Gizi Terpadu.

Branch Manager ACT Malang Diki Taufik Sidik mengatakan bahwa paket pangan berupa susu kotak, dan biskuit yang didistribusikan tersebut, akan terus dilakukan dalam upaya pemenuhan gizi anak pada wilayah kerjanya.

"Kami akan terus lakukan program aksi Bengkel Gizi Terpadu ini, karena isu pangan akan menjadi fokus kami ke depan," kata Diki, di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat.

Diki menjelaskan, paket bantuan itu diberikan di tiga lokasi milik Yayasan Rutaba Indonesia yang ada di wilayah Kota Malang, dan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Dhuafa, serta TPQ Raudatul Atfal At Taqwa Kota Pasuruan.

Baca juga: ACT Lampung membuka bengkel gizi terpadu
Baca juga: ACT Malang salurkan bantuan waqaf modal usaha mikro


Menurut Diki, para penerima bantuan paket pangan tersebut adalah para santri yang berusia 5-12 tahun. Dalam pendistribusian yang dilakukan kali ini, ACT Malang mendistribusikan 1.200 kotak susu, dan 300 bungkus biskuit.

"Bengkel Gizi Terpadu merupakan program pemenuhan gizi anak melalui pangan, yang diharapkan bisa memberikan dampak kesehatan untuk anak-anak," ujar Diki.

Dalam program ACT secara nasional, lanjut Diki, Bengkel Gizi Terpadu akan dilakukan di berbagai pelosok Indonesia seperti Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua. Selain mendistribusikan bantuan, para relawan juga akan memberikan pelayanan kesehatan, dan gizi secara gratis.

"Para relawan ACT biasanya memberikan pelayanan kesehatan gratis dan gizi untuk masyarakat, serta melakukan penyuluhan dan edukasi seputar kesehatan," kata Diki.

Program Bengkel Gizi Terpadu tersebut, merupakan salah satu upaya untuk memenuhi gizi khususnya kepada anak-anak, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak sekaligus meningkatkan imun tubuh dalam upaya mencegah terjangkit COVID-19.

Baca juga: Bengkel Gizi Terpadu ACT pulihkan malnutrisi di Lombok
Baca juga: ACT-MRI Malang perkuat SDM relawan kemanusiaan

Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021