Timnas Kolombia bajak Reinaldo Rueda dari Chile

Timnas Kolombia bajak Reinaldo Rueda dari Chile

Reinaldo Rueda saat masih menangani tim nasional Chile dan mendampingi timnya menghadapi Peru dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL di Stadion Nacional, Santiago, Chile, pada 13 November 2020. (ANTARA/REUTERS/POOL/Ivan Alvarado)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Kolombia pada Kamis mengumumkan penunjukan Reinaldo Rueda sebagai pelatih kepala baru mereka, hanya beberapa jam menyusul pengunduran diri pelatih berusia 63 tahun itu dari timnas Chile.

Rueda pada Kamis pagi WIB mengumumkan mundur dari timnas Chile melalui akun Twitter pribadinya, @ReinaldoRuedaDT.
Rueda mengisi kursi pelatih kepala Kolombia yang kosong sejak Desember menyusul pengunduran diri Carlos Queiroz karena rentetan hasil buruk.

Kekalahan di dua pertandingan terakhir Queiroz menempatkan Kolombia di urutan ketujuh klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL, persis di bawah Chile, kendati sama-sama mengoleksi empat poin.

Baca juga: Muriel dua gol, Kolombia awali kualifikasi Piala Dunia dengan gemilang

Ini akan menjadi tenor kedua Rueda menangani Kolombia setelah 2004-2006, sayangnya saat itu ia mundur setelah gagal membawa negaranya tersebut ke putaran final Piala Dunia 2006.

Rueda tentu ingin mengobati kegagalan itu dengan memburu setidaknya lima besar klasemen akhir kualifikasi zona CONMEBOL untuk mendapatkan satu tiket playoff antarbenua.

Atau lebih baik lagi, yakni mengunci tiket putaran final dengan menempati empat besar klasemen akhir.

Pertandingan kompetitif pertama Rueda bersama Kolombia akan tiba pada 25 Maret saat mereka menjamu pemuncak klasemen sementara, Brazil, lantas lima hari kemudian bertandang ke Paraguay.

Baca juga: Klasemen kualifikasi Piala Dunia zona CONMEBOL: Brazil memimpin
Baca juga: Casemiro minta Brazil diselamati setelah cukur Bolivia 5-0
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021