kami menyadari betapa mulianya program ini bagi anggota masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Bank Mandiri siap menyalurkan bantuan sosial (bansos) pemerintah senilai Rp18,6 triliun untuk 2021 atau lebih tinggi dibandingkan tahun 2020 mencapai Rp13,5 triliun.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas di Jakarta, Rabu, menjelaskan tahun ini bansos pemerintah yang disalurkan melalui bank BUMN tersebut terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 2,1 juta penerima dan program sembako sekitar 4,3 juta penerima.

Sedangkan pada 2020, bank BUMN ini menyalurkan bansos pemerintah senilai Rp13,5 triliun melalui program sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), PKH dan program bantuan sosial tunai.

Bank Mandiri juga menyiapkan alat pembayaran nontunai dalam penyaluran bantuan sosial program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) serta insentif bagi pendamping Rehabilitasi Sosial (Rehsos) dari Kementerian Sosial. Tujuannya, agar bantuan sosial ini dapat memberikan manfaat yang optimal kepada penerima serta para pendamping Rehabilitasi Sosial.

Kerja sama ini dilakukan setelah Kementerian Sosial memutuskan untuk menyalurkan bantuan sosial program Atensi secara langsung serta memberikan insentif kepada para pendamping.

Adapun alokasi anggaran program Atensi tahun ini mencapai Rp340,8 miliar yang akan diberikan kepada 142.000 peserta.

Untuk itu, Bank Mandiri akan menyiapkan Kartu Atensi bagi para penerima program yang dapat digunakan untuk mendapatkan pelatihan dan pembekalan di berbagai balai, loka di seluruh Indonesia.

Selain itu, kartu anggota co-branding Mandiri Debit bagi sekitar 3.500 pendamping Rehsos untuk mengakses insentif yang diterima sebesar Rp3 juta pendamping/bulan.

"Kami berkomitmen kuat untuk mendukung program Atensi karena kami menyadari betapa mulianya program ini bagi anggota masyarakat dengan stigma. Dengan program ini, mereka diberi kesempatan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan lebih layak," kata Rohan saat mendampingi Mensos Tri Rismaharini dalam peluncuran Program Atensi.

Untuk memastikan kelancaran program ini, Rohan menambahkan pihaknya juga telah menyiapkan rekening di Bank Mandiri bagi para peserta program serta para pendamping Rehsos untuk meningkatkan literasi keuangan.

Baca juga: Bank Mandiri salurkan bansos pemerintah kepada empat juta keluarga
Baca juga: Presiden: Bantuan tunai harus disalurkan utuh, tidak ada potongan
Baca juga: PT Pos Indonesia salurkan BST di lokasi dekat dengan masyarakat


 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021