Kami berharap dalam pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar
Surabaya (ANTARA) - Sebanyak 109 fasilitas pelayanan kesehatan telah disiapkan untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pertama kali yang akan digelar di Kota Surabaya, Jawa Timur, pada 15 Januari 2021.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita di Surabaya, Rabu, memastikan dari 109 fasilitas pelayanan kesehatan ini sudah menyiapkan vaksinator berjumlah 839 orang.

"Kami berharap dalam pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar dan sesuai harapan," katanya.

Sesuai rencana, lanjut dia, Rabu ini akan dilakukan pengambilan vaksin COVID-19 dari Dinkes Provinsi Jatim untuk selanjutnya diletakkan di Gudang Farmasi Dinkes Surabaya.

"Baru Kamis-nya rumah sakit dan puskesmas mengambil vaksin itu," katanya.

Baca juga: Ahli: Vaksinator di semua faskes harus diberi perlindungan penuh

Baca juga: Pemkot Depok data faskes yang dijadikan tempat vaksinasi COVID-19


Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menambahkan 109 fasilitas kesehatan yang terdiri dari 63 puskesmas dan 46 rumah sakit itu telah dipastikan memenuhi syarat sebagai pos vaksinasi COVID-19.

"Seluruh pelaksana vaksinasi telah melakukan aktivasi aplikasi P-Care Vaksinasi yang digunakan dalam pelayanan kegiatan tersebut," katanya.

Bahkan, Whisnu menegaskan sebelum hari H, fasilitas kesehatan telah dilatih untuk melaksanakan vaksinasi, mulai dari pengelolaan vaksin, pencatatan, pelaporan hingga pengoperasian aplikasi yang telah disediakan untuk memudahkan petugas di lapangan.

"Puskesmas juga telah melakukan simulasi," katanya.

Untuk jumlah vaksin, Whisnu mengatakan, Pemerintah Kota Surabaya menerima 33.420 dosis vaksin. Dari angka tersebut, Whisnu mengaku diprioritaskan kepada tenaga kesehatan (nakes) dengan jumlah 33.027 nakes.

Baca juga: Bengkulu siapkan 352 faskes untuk vaksinasi COVID-19

Baca juga: 73 faskes di Jakarta Barat disiapkan jadi pos vaksinasi COVID-19

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021