Label besar Korea siapkan grup-grup K-pop baru tahun ini

Label besar Korea siapkan grup-grup K-pop baru tahun ini

Grup idola asal Korea BTS (ANTARA/Big Hit Entertainment)

Jakarta (ANTARA) - Tahun 2021 akan diwarnai debut grup-grup K-pop baru dari agensi hiburan besar Negeri Ginseng-- SM, JYP, YG dan Big Hit. Sebagian grup beranggotakan pemenang dari kompetisi bakat di televisi, sisanya adalah musisi yang telah dilatih bernyanyi dan menari selama bertahun-tahun untuk menjadi penerus BTS atau BLACKPINK.

Dilansir Korea Times, Big Hit Entertainment yang menaungi BTS akan memperkenalkan girl group baru tahun ini, grup beranggotakan perempuan pertama dalam kurun sembilan tahun sejak GLAM debut pada 2012. Grup tersebut bubar tiga tahun kemudian.

Seperti apa girl group yang bakal debut dari Big Hit Entertainment mengundang rasa penasaran, apalagi agensi tersebut juga telah mengambil alih Source Music, perusahaan yang menaungi GFriend, untuk memperluas portofolio bisnis. Grup terbaru itu kelak jadi proyek girl group pertama dari Min Hee jin, chief brand officer Big Hit Entertainment yang dulunya direktur visual dari agensi SM Entertainment yang sudah menciptakan bermacam konsep visual untuk Girls' Generation, Exo, f(x) dan Red Velvet.

Big Hit juga akan meluncurkan boy group baru untuk pasar Jepang, sama seperti yang sudah dilakukan JYP Entertainment dengan program Nizi Project tahun lalu yang menghasilkan grup K-pop asal Jepang NiziU.

Sementara agensi P Nation, didirikan rapper PSY "Gangnam Style", akan bergabung dengan JYP Entertainment untuk memperkenalkan dua grup yang mewakili dua label tersebut. Anggotanya dipilih lewat acara audisi "LOUD" yang tayang mulai 15 Januari. Belum diketahui nantinya akan ada berapa anggota yang terpilih.

Rain Company, agensi milik bintang K-pop, aktor dan produser Rain, juga akan memperkenalkan grup K-pop Ciipher pada Maret mendatang. Boy group ini terdiri dari enam anggota Korea dan satu orang dari Jepang. Mereka diperkenalkan sebagai penyanyi-penulis lagu. Rain sebelumnya memproduksi grup MBLAQ yang debut pada 2009.

Perusahaan musik internasional juga bergabung dalam pertarungan debut ini. Sony Music Entertainment dan Universal Music bekerjasama dengan perusahaan hiburan Korea untuk memilih anggota grup mereka.

T1419, boy group beranggotakan sembilan orang yang debut pekan ini, adalah hasil kolaborasi antara MLD Entertainment, NHN dan Sony Music Entertainment. MLD Entertainment adalah agensi grup Momoland yang aktif sejak 2016. Boy band baru ini dibentuk untuk pasar Korea dan Jepang, dengan lima anggota Korea dan empat anggota asal Negeri Sakura.

Sementara Universal Music berkolaborasi dengan Shinsadong Tiger, penulis lagu dan produser EXID, untuk meluncurkan TRI.BE, girl group beranggotakan tujuh orang, bulan depan. Grup itu berisi anggota dari Korea, Jepang, China dan Taiwan.

Agensi RBW, yang menaungi Mamamoo, akan memperkenalkan grup PURPLE K!SS, grup berisi enam perempuan Korea dan satu dari Jepang.

S2 Entertainment, didirikan pada 2020 oleh Hong Seung-sung, mantan pimpinan JYP Entertainment dan Cube Entertainment yang memproduksi 4Minute, BTOB, CLC, (G)I-DLE dan Rain, mengumumkan akan membuat girl group tahun ini.

Baca juga: TREASURE ungkap detail album "THE FIRST STEP: TREASURE EFFECT"

Baca juga: Kontrak IZ*ONE kemungkinan diperpanjang

Baca juga: Game, Lego dan Kpop duduki puncak penelusuran anak jelang Natal
Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021