Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Bali pada Selasa mulai mendistribusikan vaksin COVID-19 Sinovac yang disimpan di "cold room" Dinas Kesehatan provinsi setempat untuk tiga kabupaten/kota di daerah itu dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

"Ya vaksin didistribusikan mulai hari ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr Ketut Suarjaya dikonfirmasi dari Denpasar, Selasa.

Suarjaya menambahkan, untuk "kick off" vaksinasi di Bali akan dilaksanakan pada Kamis (14/1) di Rumah Sakit Bali Mandara (RSBM), Kota Denpasar yang akan diikuti oleh Gubernur Bali Wayan Koster.

Vaksin Sinovac yang didistribusikan ke tiga kabupaten/kota di Bali pada Selasa ini yakni untuk Kota Denpasar sebanyak 12.032 vial, kemudian Kabupaten Badung sebanyak 4.231 vial dan untuk Kabupaten Gianyar sebanyak 8.480 vial vaksin.

Sedangkan untuk enam kabupaten lainnya di Bali, distribusi vaksin Sinovac akan dilanjutkan secara bertahap pada Rabu (13/1), juga melalui pengawalan yang ketat dari aparat kepolisian.

Sebelumnya Bali sudah menerima dua kali pengiriman vaksin dari Biofarma yakni tahap pertama sebanyak 31 ribu vial, kemudian tahap kedua sebanyak 20 ribu vial.

Vaksin Sinovac yang telah diterima akan diprioritaskan diberikan kepada tenaga kesehatan di seluruh Bali sebanyak 30.320 orang.

Selain untuk tenaga kesehatan, vaksin juga akan diberikan kepada para pejabat yang masuk di kelompok satu yakni Gubernur Bali, Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali, dan Bupati/Wali Kota.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar Anak Agung Anom Sukamawa mengatakan 8.480 vial vaksin Sinovac yang telah diterima akan didistribusikan pada 16 fasilitas pelayanan kesehatan di daerah itu.

"Dari 16 fasilitas pelayanan kesehatan di Gianyar, ada 13 puskesmas dan tiga rumah sakit yaitu RS Sanjiwani, RS Payangan dan RS Ganesha," ucapnya.

Sukamawa mengatakan tenaga medis di Kabupaten Gianyar sudah siap untuk divaksinasi dan untuk satu fasilitas kesehatan sudah disiapkan empat vaksinator.

Pihaknya menargetkan proses vaksinasi untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Gianyar dapat dirampungkan dalam bulan Januari hingga Februari 2021 ini.

Baca juga: Sebanyak 2.874 nakes di RS Sanglah Bali bakal divaksinasi COVID-19

Baca juga: Bali terima 20 ribu vial vaksin Sinovac tahap kedua

Baca juga: Bali targetkan proses vaksinasi COVID-19 rampung dalam sebulan

 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021