Meski mengalami penurunan jumlah pengunjung dibanding tahun lalu, Taman Safari Indonesia masih menjadi salah satu tujuan utama wisatawan jika berkunjung ke kawasan Puncak, Bogor.
Jakarta (ANTARA) - Korlantas Polri menggelar rapid test antigen secara acak di Taman Safari Indonesia, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, untuk mengecek kesehatan masyarakat yang berkunjung ke objek wisata itu.

Sebanyak 250 hingga 300 alat rapid test antigen disiapkan secara gratis untuk masyarakat.

"Kami bersama-sama mendukung program pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, terutama untuk kawasan wisata," ujar Kasubdit BPKB Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol. Indra Darmawan Iriyanto melalui siaran pers di Jakarta, Kamis.

Pelaksanaan rapid test antigen yang digelar Korlantas Polri ini merupakan bagian dari Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Baca juga: Disparbud Jawa Barat siapkan rapid test antigen di tempat wisata

Rapid test antigen ini untuk mengetahui kondisi kesehatan para pengunjung wisata di kawasan Puncak, Jawa Barat. Jika diketahui hasilnya reaktif, hal tersebut dapat ditindaklanjuti oleh Satgas COVID-19 setempat.

"Hal ini kami lakukan untuk menjaring pengunjung yang tidak melewati pemeriksaan di Pos Gadog. Jika ada yang reaktif, kami akan arahkan kepada tim medis," tutur Indra.

Di lokasi, Indra bersama jajaran Polda Jabar, Polres Bogor, dan pengelola Taman Safari Indonesia sempat meninjau lokasi wisata.

Meski mengalami penurunan jumlah pengunjung dibanding tahun lalu, Taman Safari Indonesia masih menjadi salah satu tujuan utama wisatawan jika berkunjung ke kawasan Puncak, Bogor.

Sementara General Manager Taman Safari Indonesia (TSI) Emeraldo Parengkuan mengapresiasi langkah Korlantas Polri demi mencegah penyebaran COVID-19 di lokasi wisata.

Emeraldo mengatakan bahwa TSI mengikuti peraturan Pemerintah Kabupaten Bogor tentang penerapan protokol kesehatan di Taman Safari, termasuk persyaratan hasil negatif swab test antigen.

"Ini sangat membantu kami mencegah penyebaran COVID-19 di Taman Safari, apalagi pada musim libur seperti ini," ujar Emeraldo.

Baca juga: Satpol PP Bali intensifkan pengawasan di Pelabuhan Gilimanuk

Pemeriksaan kesehatan itu, kata dia, agar pengunjung dapat dengan nyaman berwisata di tengah pandemi.

Ia juga mengimbau wisatawan tetap menjaga protokol kesehatan.

"Semoga program ini bisa berjalan dengan baik dan pengunjung juga mendapatkan kenyamanan dalam berwisata," katanya.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020