Gubernur Sumsel ajak warga rayakan pergantian 2020-2021 di rumah

Gubernur Sumsel ajak warga rayakan pergantian 2020-2021 di rumah

Gubernur Sumsel Herman Deru. ANTARA/HO.

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengajak warga merayakan malam penggantian tahun 2020 ke 2021 hanya di rumah saja untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Herman Deru di Palembang, Kamis, mengatakan langkah tersebut jauh lebih baik karena saat ini COVID-19 masih belum terkendali penyebarannya.

“Alangkah lebih baik lagi jika diisi dengan hal yang lebih bermakna seperti beribadah dan berdoa di rumah,” kata Herman Deru.

Baca juga: Malam tahun baru, polisi siap bubarkan kerumunan di Jembatan Ampera

Saat ini semua jenis perayaan tahun baru yang melibatkan kerumunan warga ditiadakan. Bahkan, pemerintah provinsi telah meminta pihak kepolisian dan Satpol-PP untuk menindaklanjuti keputusan tersebut.

Terkait ini sudah ada aturan hukumnya yakni Pergub Nomor 37 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman pada Situasi Pandemi COVID-19.

Baca juga: Pemprov Sumsel perketat pintu perbatasan jelang Natal dan tahun baru

Warga diharapkan memberikan dukungan dengan tidak beraktivitas di luar rumah saat malam penggantian tahun.

"Tidak ada kegiatan-kegiatan hiburan seperti tahun lalu. Tidak ada lagi aktivitas kegiatan dan kumpul-kumpul di atas Jembatan Ampera," ujar dia.

Herman Deru mengaku upaya ini sebagai bentuk sikap tegas pemerintah daerah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan terjadinya klaster baru di Sumsel.

Baca juga: PHRI Sumsel imbau hotel tidak gelar pesta tahun baru cegah COVID-19

Baca juga: BMKG: Hujan di Sumsel sudah merata


Hingga kini wabah COVID-19 masih melanda Indonesia, termasuk Sumsel. Pada tiga bulan pertama masuk dalam kategori "shock", namun tiga bulan berikutnya pemerintah berupaya menemukan solusi dan akhirnya sejak tiga bulan terakhir dilakukan adaptasi.

Saat ini, Pemprov Sumsel masih menunggu upaya realisasi vaksinisasi COVID-19. Setelah vaksin tersebut diberikan, pemprov bakal melakukan skema baru dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

"Saya berharap pada 2021 kita bisa lebih produktif lagi dengan kebiasaan baru sesuai dengan profesi kita masing-masing," ujar dia.

Baca juga: Arkeolog cek temuan candi abad ke 12 di Palembang

Baca juga: Angka kematian COVID-19 di Sumsel tembus 600 kasus


 
Pewarta : Dolly Rosana
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020