Jakarta (ANTARA) - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono meninjau pos pengungsian korban erupsi Gunung Merapi di Klaten, Jawa Tengah.

"Saat ini saya berkunjung ke dapur umum bencana erupsi Gunung Merapi di daerah Klaten. Dapur umum yang digelar Polda Jateng sangat efektif, sangat bagus. Kegiatan-kegiatannya setiap hari membantu korban bencana erupsi Gunung Merapi," kata Irjen Istiono melalui siaran pers terkait kunjungannya ke Lapangan Keputran Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Selasa.

Dalam kunjungan tersebut, Istiono mengingatkan para pengungsi untuk tidak berkerumun dan mematuhi protokol kesehatan.

"Kami juga mensosialisasikan protokol kesehatan agar tidak terjadi kerumunan meski di tempat pengungsian," kata dia.

Baca juga: Kakorlantas: Pemudik tidak taat prokes bakal di-rapid tes antigen

Istiono mengatakan Operasi Lilin 2020 yang digelar Korlantas Polri adalah operasi kemanusiaan yang sejalan dengan upaya membantu para pengungsi korban erupsi Gunung Merapi.

Pihaknya mencatat sudah sepekan lebih Polda Jateng dan Korlantas Polri membantu dengan membagikan 8.000 nasi bungkus gratis kepada para pengungsi.

"Operasi Lilin 2020 ini adalah ops kemanusiaan. Dan saat ini kami mengunjungi salah satu titik dapur umum untuk melayani masyarakat pengungsian untuk membantu mereka melayani korban erupsi yang sudah beberapa hari ini digelar Polda Jateng. Kegiatan ini sudah dilaksanakan dari tanggal 22 Desember, sekitar 8 ribu nasi bungkus telah dibagikan. Kemudian ada mainan anak-anak dan trauma healing juga," katanya.

Baca juga: Polisi catat wisatawan keluar-masuk Bali turun 90 persen

Kakorlantas menyampaikan pihaknya menyiagakan anggotanya di pos pengungsian untuk membantu pengamanan termasuk mensosialisasikan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Kami juga lihat kesiapsiagaan menunya juga yang disajikan oleh anggota untuk para pengungsi ini. Operasi Lilin ini memang dalam kondisi pandemi COVID-19. Situasinya sekarang ini adalah musim hujan. Musim hujan ini rawan bencana banjir, tanah longsor. Kapan berakhirnya kita belum tahu, mudah-mudahan ini akan segera berakhir dan masyarakat bisa beraktivitas biasa," tuturnya.

Kakorlantas dalam kesempatan tersebut juga turut memberikan bantuan berupa sembako dan paket masker dan hand sanitizer kepada masyarakat untuk mencegah COVID-19.

Baca juga: Cegah COVID-19, Korlantas awasi ketat pembatasan kapasitas rest area

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020