Enam manfaat nanas bagi kesehatan

Enam manfaat nanas bagi kesehatan

Pedagang merapikan buah Nanas Madu di kawasan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (4/12/2020). ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Selain rasanya yang menyegarkan dan manis, buah nanas juga mengandung banyak vitamin C.

Vitamin C adalah antioksidan utama yang larut dalam air yang mampu melawan kerusakan sel, demikian Linus Pauling Institute di Oregon State University dikutip dari Healthy Magazine pada Selasa.

Vitamin C diketahui ampuh dalam membantu melawan masalah seperti penyakit jantung dan nyeri sendi. Berikut enam manfaat nanas:

1. Kekuatan tulang
Nanas dapat membantu Anda untuk tetap berdiri tegak dan kuat. Buah ini mengandung hampir 75 persen dari nilai mineral mangan harian yang direkomendasikan, yang penting dalam mengembangkan tulang yang kuat dan jaringan ikat menurut Linus Pauling Institute. Satu studi tahun 1994 menyarankan bahwa mangan, bersama dengan mineral lainnya, dapat membantu mencegah osteoporosis pada wanita pascamenopause.

2. Mengurangi gumpalan darah
Nanas dapat membantu mengurangi koagulasi darah yang berlebihan karena tingkat bromelainnya. Hal ini membuat nanas menjadi camilan yang baik untuk orang yang sering bepergian dengan pesawat dan orang lain yang berisiko mengalami pembekuan darah.

Baca juga: Makan buah kering bagus untuk kesehatan

Baca juga: Manfaat buah naga, cegah anemia hingga jaga kesehatan mata


3. Pencernaan
Seperti banyak buah dan sayuran lainnya, nanas mengandung serat makanan yang penting untuk menjaga Anda tetap sehat dan terutama menjaga kesehatan usus Anda menurut Mayo Clinic. Tetapi tidak seperti banyak buah dan sayuran lainnya, nanas mengandung sejumlah besar bromelain, enzim yang memecah protein, mungkin membantu pencernaan, menurut American Cancer Society.

4. Anti Inflamasi
Karena campuran zat yang kompleks yang dapat diekstraksi dari inti nanas, yang dikenal sebagai bromelain, nanas dapat membantu mengurangi peradangan yang parah dan dapat mengurangi pertumbuhan tumor. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu dalam mengobati osteoartritis, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian.

Peradangan yang berlebihan sering dikaitkan dengan kanker, dan menurut Memorial Sloan-Kettering Cancer Center, bromelain dan enzim proteolitik lainnya telah terbukti meningkatkan tingkat kelangsungan hidup hewan dengan berbagai tumor. Namun, belum ada bukti klinis yang menunjukkan bahwa hasil seperti itu akan terjadi pada manusia.

5. Kesehatan mata
Nanas dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, penyakit yang mempengaruhi mata seiring bertambahnya usia, sebagian karena tingginya jumlah vitamin C dan antioksidan yang dikandungnya.

6. Peradangan pilek dan sinus
Selain memiliki banyak vitamin C, bromelain nanas dapat membantu mengurangi lendir di tenggorokan dan hidung, menurut University of Maryland Medical Center. Jadi, jika pilek membuat Anda batuk, cobalah potongan nanas. Mereka yang alergi mungkin ingin mempertimbangkan memasukkan nanas ke dalam makanan mereka secara lebih teratur untuk mengurangi lendir sinus dalam jangka panjang.

Baca juga: Manfaat sayuran dan buah berwarna hijau

Baca juga: Kulit mangga bawa solusi atasi cemaran minyak

Baca juga: Khasiat buah naga untuk kulit dan rambut
Pewarta : Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020