Dinkes Cirebon tes cepat warga di tempat istirahat Tol Palikanci

Dinkes Cirebon tes cepat warga di tempat istirahat Tol Palikanci

Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon saat mengambil sampel darah untuk tes cepat antibodi bagi pemudik yang melintas di tempat istirahat KM 208 Tol Palikanci, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (27/12). (ANTARA Khaerul Izan)

Cirebon (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengadakan tes cepat secara acak bagi warga luar daerah yang sedang beristirahat di tempat istirahat Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) KM 208 arah Jakarta.

"Kali ini kita melakukan tes cepat antibodi bagi warga yang sedang beristirahat dan melintas di jalan Tol Palikanci," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni di Cirebon, Ahad.

Enny mengatakan tes cepat yang dilakukan itu secara acak kepada para pemudik yang sedang beristirahat di tempat istirahat KM 208.

Baca juga: Waspadai kerumunan saat tes cepat antigen di bandara

Dari hasil tes cepat kepada beberapa orang, hasilnya semua non-reaktif sehingga mereka diperbolehkan melanjutkan perjalanannya.

"Hasilnya semua non-reaktif dan kami persilakan mereka melanjutkan perjalanan," katanya.

Dia menambahkan selama masa libur Natal dan Tahun Baru menyediakan 10 pos kesehatan, baik di tempat istirahat jalan tol maupun destinasi wisata. Dari 10 pos kesehatan yang didirikan semua dibekali tes cepat untuk melacak dan meminimalkan penyebaran COVID-19.

"Kurang lebih ada 1.000 alat tes cepat yang kita sebar di 10 pos kesehatan," kata Enny.

Sementara seorang pemudik asal Jakarta Elfa mengatakan adanya tes cepat ini tentu sangat bermanfaat, apalagi saat ini masih masa pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah di tes lagi, kemarin juga sempat tes antigen sebelum ke Jawa Timur. Kami tentu sangat apresiasi adanya tes cepat ini," katanya.

Baca juga: Petugas gabungan lakukan tes cepat wisatawan Kepulauan Seribu
Baca juga: Hasil tes cepat antigen dua wisatawan kawasan Borobudur positif
Baca juga: Tes cepat antigen, 4 warga di Leuwi Panjang Bandung reaktif COVID-19
Pewarta : Khaerul Izan
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020