calon penumpang pesawat juga diimbau agar menerapkan jaga jarak di setiap titik, menggunakan masker, dan sering mencuci tangan
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II mengimbau calon penumpang pesawat untuk menyiapkan persyaratan yang berlaku di tengah pandemi demi mendukung kelancaran proses keberangkatan penerbangan.

"Di terminal penumpang akan dilakukan validasi surat hasil tes COVID-19, baik itu rapid test antigen atau PCR test oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan, selain juga pemeriksaan kartu identitas diri dan tiket penerbangan oleh personel keamanan bandara," ujar VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan calon penumpang pesawat juga diimbau agar menerapkan jaga jarak di setiap titik, menggunakan masker, dan sering mencuci tangan.

Ia menyampaikan puncak arus mudik pertama pada periode Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021 di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan terjadi pada 23 - 24 Desember 2020.

Pada Rabu, 23 Desember 2020, jumlah penumpang pesawat diperkirakan mencapai sekitar 83.500 orang dengan sebanyak 846 penerbangan.

Adapun surat hasil tes yang berlaku sesuai Surat Edaran Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor 22/2020 dan Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 03/2020, adalah surat keterangan hasil negatif rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan dari dan ke atau antar bandar udara di Pulau Jawa.

Kemudian, surat keterangan hasil negatif RT-PCR paling lama 7 x 24 jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan menuju Denpasar, Bali.

Bagi calon penumpang pesawat yang sudah memiliki surat keterangan hasil tes COVID-19 dapat tiba di bandara 2 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Sementara itu, bagi calon penumpang pesawat yang memiliki surat hasil tes COVID-19 dan ingin melakukan tes di bandara maka dapat hadir 4 jam sebelum keberangkatan.

Bandara Soekarno-Hatta kini menyiapkan 8 lokasi Airport Health Center untuk titik pemeriksaan tes COVID-19, yaitu:

Total, Bandara Soekarno-Hatta memiliki 8 lokasi tes COVID-19 untuk tiga alternatif layanan (pre-order service, walk in service dan drive thru service).

PT Angkasa Pura II menyarankan bagi yang ingin melakukan tes COVID-19 di Bandara Soekarno-Hatta maka sebaiknya memilih pre-order service agar jadwal tes dapat lebih terencana.

Baca juga: AP II imbau calon penumpang tes COVID-19 dahulu agar proses lancar

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta resmi buka layanan prapesanan Tes COVID-19

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta siapkan tiga alternatif layanan tes COVID-19

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020