Untuk itu usulan saya, kiranya Menkes yang baru dapat segera membentuk tim yang memahami dan berpengalaman dalam bidang kesehatan dan kedokteran sekaligus ekonomi manajemen
Jakarta (ANTARA) - Ketua Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB) James Allan Rarung berharap, Menteri Kesehatan (Menkes) yang baru dapat memperkuat sistem manajemen Kementerian Kesehatan.

"Dengan pengalaman Menkes saat ini dalam ekonomi manajemen dan keuangan, tentunya merupakan kesempatan besar bagi Menkes yang baru untuk melakukan sinkronisasi dan optimalisasi dalam pencapaian target pemerintah di sektor kesehatan," katanya saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Presiden Joko Widodo memilih Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan yang baru, menggantikan Terawan Agus Putranto.

Ia menuturkan pengalaman manajerial Menkes yang baru merupakan modal yang kuat untuk penataan organisasi sehingga cepat dalam melakukan tindakan secara operasional di lapangan.

"Semoga dengan Menkes yang baru akan ada perubahan yang bermakna dalam sistem manajemen Kementerian Kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi umumkan 6 menteri baru Kabinet Indonesia Maju

Menurut James, kecepatan dalam membuat rancangan strategis, pengambilan keputusan yang tegas, teknis operasional yang simpel namun efektif dan efisien serta tepat sasaran di lapangan akan menentukan keberhasilan program-program pemerintah yang diinginkan dan menjadi target kesuksesan dari Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Ia mengatakan bahwa hal itu merupakan sejarah dan era baru di mana Kementerian Kesehatan dipimpin oleh seorang yang berpengalaman dalam bidang ekonomi dan keuangan.

"Semoga terus amanah dan terus memperjuangkan amanat penderitaan rakyat menuju masyarakat Indonesia yang sehat, kuat, dan kompetitif di segala bidang baik di regional maupun internasional," tutur dia.

Dia berharap, ke depan dengan kepemimpinan Menkes baru, ekonomi kesehatan Indonesia akan semakin berkembang dan maju demi kesejahteraan rakyat dan kemajuan bangsa.

"Untuk itu usulan saya, kiranya Menkes yang baru dapat segera membentuk tim yang memahami dan berpengalaman dalam bidang kesehatan dan kedokteran sekaligus ekonomi manajemen," ujarnya.

Saat ini, fokus utama adalah Indonesia segera mengatasi pandemi COVID-19, yang akan menjadi salah satu fokus dari Menkes yang baru.

"Tentu saja harapan dan keinginan Presiden Joko Widodo adalah selain Indonesia dapat segera terbebas dari belitan dan jepitan COVID-19, sekaligus juga tetap kuat secara ekonomi dan bahkan dapat meningkat dalam hal kesejahteraan rakyat maupun perekonomian yang terus membaik secara mikro maupun makro," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik enam menteri baru pada 23 Desember 2020
Baca juga: Untuk Menkes baru, Pakar Kesehatan beri masukan soal layanan kesehatan

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020