Sehingga tidak akan lolos dari pantauan inspeksi di saat ada Tahun Baru dan Natal ini
Bandung (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengimbau wisatawan dari luar daerah tidak datang ke Jabar untuk menghabiskan liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 guna menekan penularan COVID-19 di daerah itu.

"Wisatawan diusahakan tidak datang ke Jabar untuk tahun ini, tahun kemarin diperbolehkan. Insyaallah tahun depan juga diperbolehkan, kami minta pengertian," katanya usai menjadi inspektur upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2020 dalam rangka Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Jalan Diponegoro Depan Gedung Sate Bandung di Bandung, Senin.

Namun, pihaknya tidak bisa dengan seenaknya mengembalikan para wisatawan dari luar kota yang sudah datang ke Jabar saat ini.

"Jabar kan termasuk NKRI, nanti pemprov melanggar HAM dan sebagainya, hanya minta pengertian saja kebersamaan di antara kita. Kebersamaan antara aparat, pemerintah, dan masyarakat itu adalah kunci sukses Jabar menuju 'Jabar Juara Lahir dan Batin'," kata dia.

Baca juga: Rapid antigen diberlakukan, reservasi hotel di DIY akhir tahun anjlok

Oleh karena itu, Wagub Uu Ruzhanul Ulum meminta wisatawan yang sudah terlanjur menuju Jabar untuk menyiapkan dan mematuhi protokol kesehatan, salah satunya melakukan dan membawa hasil tes cepat COVID-19 antigen.

"Bagi wisatawan yang datang ke Jabar itu diimbau untuk mengadakan 'rapid test' (tes cepat) antigen kemudian juga untuk tempat yang ingin melaksanakan kegiatan semacam itu harus tetap harus melaksanakan," kata dia.

Terkait libur Natal dan Tahun Baru, kata dia, aparat gabungan dari Satpol PP, polisi, hingga TNI sudah mendeteksi kebiasaan yang sering dilakukan pengelola wisata saat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Ia mengatakan saat ini setiap aparat sudah memantau tempat wisata yang kerap dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar Jabar.

Ia mengharapkan tidak ada lagi pengelola tempat wisata yang melanggar aturan PSBB.

"Sehingga tidak akan lolos dari pantauan inspeksi di saat ada Tahun Baru dan Natal ini," kata dia.

Baca juga: Luhut: Hindari penambahan pasien COVID di libur akhir tahun
Baca juga: Prof Wiku: Jangan sampai peningkatan kasus pascalibur terulang


Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020