Buah dan sayur ini mengandung lebih banyak vitamin C dibanding jeruk

Buah dan sayur ini mengandung lebih banyak vitamin C dibanding jeruk

Ilustrasi buah kiwi (ANTARA/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Jeruk selama ini dianggap sebagai sumber vitamin C, padahal banyak jenis makanan lain yang jumlah vitaminnya lebih besar buah tersebut.

Jeruk ukuran sedang hanya memiliki 69,7 mg vitamin C, yang sebenarnya kurang dari buah dan sayuran umum lainnya. Agar tubuh Anda mendapat banyak asupan vitamin C dan lebih bervariasi dalam mengkonsumsi makanan, berikut ini adalah daftar buah dan sayur yang jumlah vitamin C-nya lebih banyak dari jeruk, dilansir Health, Minggu.

Cabai merah
Setengah cangkir cabai cincang atau potong dadu mengandung 107,8 mg vitamin C. Selain itu, peneliti dari Universitas Buffalo, Amerika menemukan bahwa capsaicin, senyawa yang membuat cabai menjadi pedas, dapat membantu meredakan nyeri sendi dan otot.

Paprika hijau
Secangkir paprika hijau cincang mengandung 120 mg vitamin C dan ini sangat direkomendasikan untuk menunjang asuspan harian. Paprika hijau juga merupakan sumber serat yang bagus.

Baca juga: Studi sebutkan konsumsi cabai bisa perpanjang usia

Baca juga: Cabai bermanfaat untuk penahan rasa sakit

Ilustrasi (flickr) (/)


Kale
Kale memiliki jumlah asupan vitamin A dan K yang berlimbah. Satu cangkir kale menyediakan 80,4 mg vitamin C, selain itu, kale juga memberi dosis mineral dan asam lemak yang cukup besar.

Brokoli
Sayuran ini menyediakan 132 mg vitamin C ditambah serat dan jumlah kalorinya hanya 30 kalori per porsi. Penelitian menunjukkan brokoli mungkin memiliki sifat pencegah kanker.

Pepaya
Penelitian menunjukkan bahwa makan pepaya dapat membantu membersihkan sinus, mencerahkan kulit, dan memperkuat tulang. Satu porsi cangkir pepaya memberikan 88,3 mg vitamin C.

Stroberi
Secangkir buah super ini mengandung 84,7 mg vitamin C, ditambah folat dan senyawa lain yang terbukti meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat tak terduga lainnya dari stroberi adalah membantu memutihkan gigi secara alami.

Baca juga: Inilah jumlah asupan vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh

Baca juga: Tujuh jenis vitamin B untuk atasi masalah kulit

Pineapple. (FOTO Dok. Google.Com)


Kembang kol
Makan satu buah kembang kol akan memberi Anda dosis vitamin C sebesae 127,7 mg, ditambah 5 gram serat dan 5 gram protein.

Nanas
Selain 78,9 mg vitamin C, nanas mengandung bromelain, enzim pencernaan yang membantu memecah makanan dan mengurangi kembung. Bromelain juga bertindak sebagai antiinflamasi alami yang dapat membantu Anda pulih lebih cepat setelah olahraga yang berat.

Kiwi
Satu porsi kiwi (sekitar dua buah) mengandung 137,2 mg vitamin C. Buah fuzzy juga kaya kalium dan tembaga.

Mangga
Buah ini mengandung 122,3 mg vitamin C. Mangga juga merupakan sumber vitamin A yang bagus, seperti vitamin C yang memainkan peran kunci dalam kekebalan dan juga menjaga kesehatan mata Anda.

Baca juga: Tujuh manfaat paprika, tingkatkan penglihatan hingga cegah kanker

Baca juga: Manfaat sayuran dan buah berwarna hijau

Baca juga: Sudah tahu belum lima manfaat kale?
Pewarta : Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020