Infonya sebelum akhir tahun ini mereka akan umumkan kepada kami
Jakarta (ANTARA) - Pertamina Mandalika SAG Team kemungkinan sebelum pergantian tahun ini menerima keputusan dari Dorna terkait rencana partisipasi pebalap Indonesia Dimas Ekky Pratama ke ajang Moto2 tahun depan.

Pebalap 28 tahun asal Depok, Jawa Barat itu telah diajukan namanya ke Dorna untuk menjadi salah satu pebalap tim yang merupakan kolaborasi Mandalika Racing Team Indonesia dan SAG Team untuk kelas intermediate pada 2021 tersebut.

SAG Team sendiri menutup musim 2020 di peringkat enam klasemen dengan raihan 160 poin yang dipersembahkan duet pebalap Australia Remy Gardner dan Kasma Daniel dari Malaysia.

Baca juga: Dimas Ekky tunggu restu dari Dorna untuk kembali ke Moto2

Gardner akan hijrah ke tim Red Bull KTM Ajo tahun depan, dan SAG Team akan mengandalkan pengalaman pebalap Swiss Thomas Luthi untuk menggantikan sang pebalap Australia.

Sementara itu, yang menjadi polemik adalah, seperti diungkapkan oleh SAG Team, Kasma masih terikat kontrak dengan tim asal Spanyol itu di saat pihak MRTI mengajukan Dimas Ekky Pratama sebagai wakil Indonesia.

Direktur MRTI Kemalsyah Nasution dalam diskusi virtual pada Jumat mengungkapkan akan segera ada kabar dari Dorna terkait Dimas Ekky.

"Sebetulnya memang kami yang mengajukan nama Dimas ke Dorna. Semua yang memutuskan Dorna," kata Kemal.

"Infonya sebelum akhir tahun ini mereka akan umumkan kepada kami. Makanya kami juga belum berani infokan ke masyarakat seperti apa."

Dimas sebelumnya pernah membalap di kelas Moto2 selama satu musim pada 2019 sebagai pebalap Honda Team Asia meski absen di beberapa balapan karena mengalami cedera dan bangku yang ia tinggalkan tahun lalu diisi kembali oleh pebalap Indonesia Andi Farid Izdihar.

SAG Team menambahkan, "keputusan akan dibuat segera dengan mempertimbangkan kepentingan dari sponsor utama kami dan persetujuan komite seleksi Kejuaraan Dunia."

Baca juga: Dimas Ekky persiapkan mental dan fisik jelang debut tim Mandalika

Sebelum resmi menggandeng MRTI awal bulan ini, SAG Team secara mengejutkan berpisah dengan sponsor utama mereka Onexox TKRR setelah dua tahun bermitra di Moto2.

Musim balapan Moto2 2021 akan diawali dengan sesi tes pramusim di Sepang, Malaysia yang menurut kalender provisional digelar pada 14-16 Februari dan diikuti sesi tes pramusim kedua di Qatar pada 10-12 Maret.

Sementara itu, setelah absen di Indonesia selama 23 tahun, gelaran MotoGP diproyeksikan kembali digelar di Tanah Air pada tahun depan di sirkuit Mandalika yang sedang dalam tahap pembangunan di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Di tengah ketidakpastian karena ancaman COVID-19, MotoGP pada awal bulan lalu telah mengeluarkan kalender provisional yang terdiri atas 20 balapan yang digelar dari Maret hingga November.

Belum pasti kapan tanggal Indonesia menjadi tuan rumah Grand Prix mengingat Sirkuit Mandalika saat ini berada di dalam daftar cadangan bersama Sirkuit Algarve di Portugal dan Igora di Rusia.

Baca juga: Jangan cuma jadi penonton kala Indonesia tuan rumah MotoGP 2021!
Baca juga: MotoGP rilis kalender provisional 2021, Mandalika jadi cadangan

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020