Partisipasi pemilih Pilkada Serentak 2020 di Sulbar tertinggi nasional

Partisipasi pemilih Pilkada Serentak 2020 di Sulbar tertinggi nasional

KomisionerĀ KPU Mamuju Ahmad Amran Nur, Selasa (15/12/2020). ANTARA Foto/M Faisal Hanapi.

Mamuju (ANTARA) - Partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2020 pada empat kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) peringkat satu nasional dan melampaui target KPU secara nasional.

"Partisipasi di Sulbar mencapai 87,70 persen atau tertinggi secara nasional, selain itu berhasil melampaui tingkat partisipasi pemilih secara nasional yang ditetapkan KPU RI, yaitu sekitar 77,5 persen," kata Koordiv Parmas SDM KPU Provinsi Sulbar Adi Arwan Alimin, di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, pada Pileg 2019 di Sulbar partisipasi pemilih mencapai 80 persen.

"Tingginya partisipasi saat Pileg 2019 menjadi penopang, sehingga membuat pilkada serentak empat kabupaten di Sulbar mencapai 87,70 persen," katanya pula.

Menurut dia, di tengah pendemi COVID-19 ini, Sulbar mampu menjawab kekhawatiran banyak pihak yang menilai partisipasi pemilih akan rendah akibat pandemi.

Ketua KPU Mamuju Ahmad Amran Nur mengatakan, upaya sosialisasi dan pendidikan pemilih yang dilakukan KPU di tingkat kabupaten membuat partisipasi semua elemen di Sulbar menjadi meningkat.

Ia mengatakan, kerja sama dengan media membuat pemilu tersosialisasi dengan baik kepada masyarakat ini adalah kerja sama yang baik seluruh jajaran KPU yang ada di tingkat kabupaten.

Dia berterima kasih kepada masyarakat yang telah menyalurkan hak pilihnya, serta semua pihak yang berpartisipasi dalam pilkada, sehingga selain partisipasi yang tinggi pilkada juga berlangsung aman jujur dan damai.
Baca juga: Partai Demokrat menangkan pilkada tiga kabupaten di Sulbar
Baca juga: Gubernur Sulbar: tak boleh ASN terlibat di Pilkada
Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020