Jakarta (ANTARA) -
Aplikasi video singkat TikTok merangkum selebritas yang sukses terhubung dengan para penggemar lewat konten kreatif di aplikasi itu tahun 2020.

Mereka adalah Marion Jola, Aurel Hermansyah, Verrel Bramasta, Nia Ramadhani, Vidi Aldiano, Prilly Latuconsina, Rizky Febian, Inul Daratista, Sule dan Raisa.
 
Head of User and Content Operations,TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra mengatakan, di industri musik TikTok dikenal jadi batu loncatan bagi penemuan musik viral, serta destinasi bagi musisi serta kreator yang ingin menunjukkan karya musik dan terhubung dengan audiens baru.

Baca juga: Snapchat punya fitur mirip TikTok, "Spotlight"
 
"Tujuan TikTok selama ini adalah menyatukan orang-orang untuk saling menginspirasi dan berbagi momen kebahagiaan. Sepanjang tahun ini, kami menyaksikan banyak momen seperti itu dan menemukan rasa kebersamaan meskipun banyak dari kita yang menghabiskan tahun ini dengan saling berjarak," kata Angga dalam konferensi pers daring, Selasa.
 
Dalam "Year on TikTok", koleksi video, musik, kreator, yang memberikan inspirasi bagi kreativitas di komunitas TikTok sepanjang tahun 2020, disebutkan juga efek yang paling digandrungi, video yang paling banyak ditonton hingga musik yang jadi hits di aplikasi tersebut.
 
Konten komedi masih jadi primadona, begitu pula dengan konten edukasi, video masak hingga make up. Tercatat beberapa lagu yang populer untuk duet di TikTok, seperti "Kopi Dangdut", "Bahasa Kalbu" yang dinyanyikan lagi oleh Raisa, hingga "Terpikat Senyummu".
 
Sementara itu, deretan lagu yang banyak dipakai di aplikasi itu meliputi "AAH Mantap",
Kopi Dangdut (Cover)", "Ampun Bang Jago ", "Iri Bilang Bos", "Bertaut", "Lathi", "Hati Yang Kau Sakiti", "Doa Untuk Kamu", "Mungkin Hari Ini Esok Atau Lusa" dan "Pretty Real".
 
"Di tahun 2021, TikTok akan memberikan panggung yang lebih besar bagi musisi profesional dan pemula. Hal itu sudah mulai terjadi sekarang, dan dengan inklusifitas yang ada di TikTok, beragam musik baru akan bergabung di sini. Mereka bahkan mungkin bisa mendapatkan kesempatan untuk masuk ke industri musik global," kata Christian Bong, pendiri komunitas musik Indomusikgram.

Baca juga: Reddit beli pesaing TikTok, Dubsmash

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020